Cara Cek Penerima BLT El Nino

Ekonomi171 Views
FALIHMEDIA.COM – Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino adalah program bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah untuk membantu masyarakat yang terdampak oleh fenomena cuaca ekstrem seperti El Nino. Program ini bertujuan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkannya agar mereka dapat mengatasi dampak perubahan iklim.
 
Program BLT El Nino ini disampaikan oleh Presiden Joko Widodo saat sedang kunjungan kerja di Kota Padang pada Rabu (25/10/2023). Harapannya, BLT dapat meningkatkan daya beli masyarakat yang menurun sepanjang musim kemarau ekstrem.
 
“Jangan sampai mengurangi daya beli masyarakat. Kita juga akan mengeluarkan BLT El Nino pada bulan November dan Desember,” ujar Presiden Jokowi pada Rabu (25/10/2023) kemarin.
 
Jokowi juga berpesan agar masyarakat tetap menyimpan cadangan beras meskipun stoknya melimpah. Tak hanya BLT, pemerintah juga akan menyalurkan bantuan berupa beras pemerintah pada bulan Desember.
 
Untuk menyukseskan program BLT ini, pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp7,52 triliun. Tak hanya itu, Kredit Usaha Rakyat (KUR) juga akan dilonggarkan guna mempermudah penyaluran.
 
Cara cek BLT El Nino
Seperti yang sudah dijelaskan, BLT El Nino akan disalurkan selama dua bulan yaitu November dan Desember 2023. Setiap bulannya, keluarga penerima manfaat (KPM) akan mendapat BLT sebesar Rp200.000. BLT ini akan ditransfer ke rekening penerima.
 
Lalu, siapakah KPM yang dimaksud? KPM akan diambil dari data Kementerian Sosial (Kemensos). Oleh karena itu, kamu bisa memeriksa di laman Cek Bansos Kemensos untuk memastikan apakah kamu termasuk yang menerima BLT El Nino atau tidak.
 
Cara cek penerima BLT El Nino:
Buka situs Cek Bansos Kemensos melalui https://cekbansos.kemensos.go.id .
 
Cantumkan nama provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan.
 
Masukkan nama penerima manfaat (PM) sesuai yang tercantum dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP).
 
Ketik kode captcha pada kotak yang disediakan.
Klik “Cari Data”.
 
Nama penerima akan muncul dalam data.
 
Jika dalam kolom “BPNT” (Bantuan Pangan Non Tunai) atau bantuan sembako tertulis “Ya”, artinya kamu akan menerima BLT El Nino.
 
Demikian informasi mengenai BLT El Nino yang akan segera disalurkan pemerintah untuk mengatasi dampak kemarau panjang.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment