WhatsApp Error di Seluruh Dunia, Pengguna Keluhkan WA Down Hari Ini

Iptek, Teknologi158 Views

FALIHMEDIA.COM – Layanan pesan instan WhatsApp (WA) dilaporkan mengalami gangguan (down) pada Selasa (25/10/2022) siang. WhatsApp down terjadi sekitar pukul 14.10 WIB, baik untuk percakapan personal maupun grup.

Situs navigasi platform Down Detector menunjukkan laporan WhatsApp error meningkat pada pukul 13.56 sebanyak 299 laporan. WhatsApp gangguan hari ini tampaknya terjadi secara global.

Selain di Indonesia, WhatsApp down juga terjadi di Amerika Serikat (AS), Kanada, sebagian Eropa seperti di Italia, Inggris, serta di Asia seperti India, Malaysia, Jepang, dan Filipina.

Pengguna WhatsApp tidak bisa mengirim pesan baik teks atau media lewat WhatsApp di grup percakapan (WhatsApp Group) maupun chat pribadi. Ketika mengirim pesan, hanya muncul ikon jam, menandakan pesan tertunda “pending”.

Beberapa pengguna lain menyebut masih bisa mengirim pesan personal, tetapi notifikasi yang ditampilkan berupa centang satu.

Tidak hanya WhatsApp versi mobile, WhatsApp desktop dan WA web juga mengalami gangguan. Sejumlah pengguna mengeluhkan WhatsApp down di Twitter maupun di Fecebook pada Selasa siang ini.

Pihak Meta selaku induk WhatsApp, melalui pernyataannya, mengakui layanan WhatsApp down. Meski demikian, Meta tidak menjelaskan apa penyebab WhatsApp down atau WhatsApp error hari ini.

Dalam sebuah pernyataan kepada Tech Crunch, juru bicara Meta mengatakan.

“Kami menyadari bahwa beberapa orang saat ini mengalami masalah dalam mengirim pesan dan kami sedang berupaya memulihkan WhatsApp untuk semua orang secepat mungkin,” tegasnya.

Ini adalah pemadaman besar WhatsApp yang pertama sejak layanan itu down besar-besaran tahun lalu, yang juga berimbas pada layanan Instagram, Messenger, Oculus, dan Facebook tahun lalu.

Saat itu, WhatsApp down memakan waktu hampir enam jam sebelum akhirnya WhatsApp kembali online. Meta, yang dikenal sebagai Facebook pada saat itu, mengatakan bahwa pemadaman besar-besaran disebabkan oleh perubahan konfigurasi pada routernya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment