Mahfud MD : Jokowi Pernah Usul Rocky Gerung Diberi Bintang Mahaputera

News, Politik121 Views

FALIHMEDIA.COM | JAKARTA – Menko Polhukam Mahfud MD menyebut Presiden Joko Widodo pernah menyarankan agar akademisi Rocky Gerung diberikan tanda kehormatan Bintang Mahaputera Nararya.

Mahfud menceritakan itu dalam acara Podcas yang disiarkan Youtube Sekretariat Negara RI.


“Pak Jokowi sambil bergurau, ‘carilah orang yang berprestasi, yang kritis, yang pinter, misalnya Rocky Gerung. Kenapa Rocky Gerung enggak diusulkan?’,” ucap Mahfud menirukan Jokowi.

Mahfud mengatakan Jokowi tidak bermaksud mengejek saat bicara demikian.

Menurut Mahfud, Jokowi memang tidak keberatan jika orang yang pintar dan kritis terhadap pemerintah diberi tanda kehormatan.

“Enggak dengan nada marah atau ngejek. Serius. Bergurau tapi enggak ngejek,” ucap Mahfud.

Akan tetapi, Bintang Mahaputera Nararya akhirnya di berikan kepada Fadli Zon dan Fahri Hamzah. Mahfud mengatakan tanda kehormatan itu pun di berikan kepada mereka karena kritis terhadap pemerintah saat menjadi pimpinan DPR periode 2014-2019.

“Ketika dia (Fadli dan Fahri) bicara sangat kasar sekali, diberi Bintang Mahaputera,” ucap Mahfud.

Fadli Zon dan Fahri Hamzah di berikan tanda kehormatan Bintang Mahaputera Nararya pada Agustus 2020 lalu.

Menurut Jokowi meski keduanya selama ini berlawanan secara politik dengannya, namun bukan berarti bermusuhan.

“Ini namanya negara demokrasi. Saya berkawan baik dengan Pak Fahri Hamzah, berkawan baik dengan Pak Fadli Zon,” kata Jokowi kala itu.

Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Nararya diberikan kepada orang yang dianggap berjasa kepada negara Indonesia. Tidak selalu pejabat negara yang diberikan.

Pada 2010 misalnya ketika Frans Mendur diberikan Bintang Mahaputera Nararya. Frans Mendur merupakan fotografer yang memotret momen Sukarno-Hatta membacakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Pada 1994, pemerintah juga memberikan Bintang Mahaputera Nararya kepada cendekiawan Hans Bague Jassin. (Bmw/Red/Falih Media)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment