NASA Menyebutkan Terbitnya Matahari dari Sebelah Barat Memang Bisa Terjadi

Sains72 Views

FALIHMEDIA.COM – Badan Penerbagan dan Antariksa Amerika Serikat ( NASA) menyebut kemungkinan fenomena terbitnya matahari dari sebelah barat memang bisa terjadi. Di mana fenomena ini dipercayai sebagai salah satu tanda-tanda hari kiamat.

Apalagi, sebelumnya sempat heboh beredar di media sosial, yakni sebuah unggahan di Facebook yang menyebutkan matahari akan terbit dari barat.

Dalam sebuah unggahan berbahasa Thailand yang viral di Facebook sejak 14 Januari 2021, NASA menuliskan Matahari akan terbit dari barat yang disebabkan oleh perputaran Bumi ke arah berlawanan.

Bahkan, unggahan foto dan narasi soal Matahari terbit dari barat di Facebook itu telah dibagikan lebih dari 15.000 kali.

“NASA mengonfirmasi kemungkinan matahari terbit dari barat. Bumi berputar ke arah berlawanan yang menyebabkan matahari terbit dari sisi barat!!,” tulis teks tersebut yang dilansir dari AFP, dikutip Senin (24/7/2023).

Hal itu dijelaskan bahwa beberapa peneliti percaya saat ini pergerakan bumi menuju arah yang berlawanan akibat medan magnet.

NASA pun buka suara terkait sebuah klaim yang menyebut matahari terbit dari barat. Lembaga itu menyebut tidak pernah mengeluarkan prediksi soal klaim tersebut.

“Baik NASA maupun organisasi ilmiah lain tidak ada yang memprediksi matahari akan terbit dari barat,” kata Associate Administrator for Communications NASA Bettina Inclan.

Dia menyebut fenomena pembalikan magnet memang benar terjadi dan nyata, bahkan sejumlah ilmuwan pernah mempelajarinya. Fenomena tersebut terdapat di planet tetangga Bumi, Venus, yang melakukan rotasi dengan berputar ke belakang.

Sementara itu, lama Venus berotasi cukup lama yakni 243 hari dan waktu planet itu untuk mengitari Matahari setara dengan 225 hari di Bumi. Ini membuat Matahari akan terlihat di permukaan di Venus hanya sebanyak dua kali selama setahun atau satu kali dalam 117 hari.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment