Cara Mudah Lindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari


FALIHMEDIA.COM – Sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan kulit dan bahkan meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Oleh karena itu, penggunaan sunscreen yang efektif sangatlah penting untuk melindungi kulit.

Berikut cara mudah dalam menggunakan sunscreen dengan efektif untuk menjaga kesehatan kulitmu.

Kenali Kebutuhan Kulit
Hal yang perlu diperhatikan adalah dengan mengenali jenis kulitmu dan pilihlah sunscreen dengan SPF (Sun Protection Factor) yang tepat. Jika kamu memiliki kulit sensitif atau mudah terbakar, disarankan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi.

Sedangkan jika kulitmu cukup tahan terhadap sinar matahari, SPF 15 atau 20 mungkin sudah cukup. Pastikan juga formula sunscreen tersebut melindungi kulitmu dari sinar UVA dan UVB.

Aplikasikan Secara Merata
Penggunaan sunscreen secara merata di seluruh area kulit yang terpapar sinar matahari sangatlah penting untuk memastikan perlindungan yang optimal.

Mulailah dengan mengambil jumlah sunscreen yang cukup untuk menutupi seluruh wajah dan lehermu.

Gunakan jari-jari atau aplikator untuk mengoleskan sunscreen dengan gerakan memijat ringan, pastikan seluruh kulit terlindungi.

Jangan lupa untuk meratakan sunscreen ke area yang sering terlewat seperti telinga, leher belakang, dan belakang lutut.

Gunakan Secara Teratur
Penting untuk menggunakan sunscreen secara teratur, minimal setiap dua jam sekali atau lebih sering jika kamu berkeringat atau berenang.

Meskipun menggunakan sunscreen tahan air, pastikan untuk mengaplikasikan kembali setelah aktivitas tersebut.

Selain itu, pastikan untuk mengaplikasikan sunscreen sebelum keluar rumah, minimal 15-30 menit sebelum paparan sinar matahari.

Gunakan sunscreen setiap hari, bahkan ketika cuaca terlihat mendung atau di dalam ruangan dengan jendela yang terkena sinar matahari.

Dengan begitu, kamu dapat meminimalkan risiko kerusakan kulit jangka panjang dan menjaga kulitmu tetap terlindungi dari bahaya sinar UV.

Pilihlah Sunscreen yang Tahan Air
Jika kamu akan beraktivitas di dalam air atau berkeringat banyak, pilihlah sunscreen yang tahan air. Pastikan untuk membaca label produk dan mencari keterangan “water-resistant” atau “waterproof”.

Meskipun demikian, gunakan sunscreen yang tahan air tetap perlu di-reaplikasi setelah berenang atau berkeringat intensif.

Gunakan Sunscreen Setiap Hari
Penting untuk menggunakan sunscreen setiap hari, bahkan jika kamu tidak berencana untuk berada di bawah sinar matahari langsung.

Paparan sinar UV dapat terjadi di dalam ruangan melalui jendela, dan sinar UVB dapat menyebabkan kerusakan kulit yang tidak terlihat secara langsung.

Oleh karena itu, aplikasikan sunscreen pada wajah dan area yang terpapar sinar matahari seperti lengan, leher, dan tangan.

Pilihlah sunscreen dengan SPF minimal 30 untuk memberikan perlindungan yang optimal. Dengan mengikuti lima langkah penting ini, kamu dapat melindungi kulitmu dari kerusakan sinar matahari dan risiko kanker kulit.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment