Bupati Sumenep Apresiasi Musik Klenengan Siswa SDN Pandian 1


FALIHMEDIA.COM | SUMENEP – Permainan musik tradisional klenengan siswa Sekolah Dasar (SD) Negeri Pandian 1, mendapat apresiasi dari Bupati Sumenep, Achmad Fauzi.

Acara yang di gelar di Pendopo Agung Keraton Sumenep tersebut selama dua hari, sejak Sabtu-Minggu (17-18/06/2023), siswa SDN Pandian 1 melakukan penampilan seni budaya klenengan yang dilengkapi dengan penari.

“Kami mengapresiasi permainan musik seni budaya klenengan siswa SDN Pandian 1. Ini bentuk regenerasi pelestarian musik tradisional bagi pelajar,” ujar Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, saat meninjau permainan musik tradisional klenengan siswa SDN Pandian 1, di Pendopo Agung Keraton, Minggu (18/06/2023).

Bupati menuturkan, selama ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep terus melakukan upaya pelestarian seni budaya musik tradisional klenengan di kalangan siswa tingkat Sekolah Dasar (SD). Salah satunya dengan memberikan ruang kepada anak usia dini jenjang SD untuk tampil di Pendopo Agung Keraton Sumenep.

“Tujuan kami agar para siswa bisa mengembangkan seni tradisional dan kearifan lokal di Kota Sumenep, supaya regenerasi tetap menjaga dan memeliharanya di era apapun,” tutur Bupati.

Penampilan siswa itu, kata Bupati, selain mencetak regenerasi seniman musik klenengan, juga sebagai hiburan masyarakat yang berkunjung ke Keraton Sumenep.

Kabupaten Sumenep memiliki potensi untuk mencetak regenerasi seni musik klenengan, sehingga pemerintah daerah harus hadir dengan menyediakan media pementasan, seperti di Pendopo Agung Keraton setempat. (Nita, Fer/Red/Falih Media)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment