Resep Cireng Isi Moncrot Gorengan Crispy Jajanan Bandung

Food137 Views

FALIHMEDIA.COM – Jajanan kuliner Bandung, resep cireng isi moncrot adalah gorengan crispy unik yang merupakan variasi cara bikin cireng rumahan dengan isi saus yang pedas berbalut tepung roti atau panir.

Bermunculannya aneka kreasi terbaru dan kekinian membuat cireng masih sangat diminati, meskipun aci goreng ini termasuk makanan tradisional khas Sunda Jawa Barat dari sejak lama.

Isinya yang berupa saus kental enak dan pedas akan moncrot ke dalam mulut ketika cireng digigit, bahkan bisa muncrat keluar bila kurang hati-hati.

Bermacam-macam kreasi aneka rasa isi tentunya bisa kita modifikasi teruatama jika untuk jualan sehingga semakin menarik peminat.

Resep Bahan Cireng Isi Moncrot:
400 gram tepung aci/kanji/tapioka

150 gram tepung terigu

1 batang daun bawang, iris tipis

2 siung bawang putih, haluskan

350 ml air panas mendidih

1 sdt garam

1 sdt kaldu bubuk

1/2 sdt lada/merica bubuk

150 gram tepung roti kasar

Seperlunya minyak untuk menggoreng

Bahan Isi:
3 sdm saus tomat

5 sdm saus cabai/sambal

3 siung bawang putih, cincang kasar

1/2 sdt garam

1/4 sdt merica bubuk

1 sdt gula pasir

6 buah cabe rawit merah, cincang kasar

2 sdm tepung maizena, larutkan sedikit air

300 ml air

Cara Membuat Saus Isi Cireng:
Siapkan wajan lalu panaskan beserta sedikit minyak, tumis bawang putih hingga harum kemudian tuang air. Masukkan saus tomat, saus cabai, cabe rawit serta aduk rata.

Setelah mendidih, masukkan garam, merica dan gula pasir, aduk rata dan masak hingga matang. Terakhir, tuang larutan maizena agar mengental, matikan api.

Siapkan wadah, masukkan tepung aci, terigu, garam, kaldu bubuk dan merica, kemudian campur dan aduk rata.

Masukkan irisan daun bawang, lalu tuang air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan bantuan sendok telebih dahulu sampai air habis.

Selanjutnya setelah adonan sudah tidak terlalu panas, segera uleni pakai tangan sampai adonan rata dan kalis.

Ambil adonan sekepal tangan, bulatkan lalu bentuk lubang seperti membuat pempek dos atau dengan bentuk menurut selera. Isi dengan 2 sendok teh sausnya lalu rekatkan kembali.

Setelah rekat serta isi tertutup rapat, berikutnya celupkan ke dalam air lalu gulingkan pada tepung roti secara merata. Lakukan terhadap semua adonan cireng, bisa disimpan di kulkas atau langsung digoreng (menjadi 20 buah cireng isi moncrot).

Panaskan minyak dalam waan dengan api kecil, lalu goreng cireng hingga kuning keemasan serta benar-benar matang merata ke dalam, angkat dan tiriskan.

Sebaiknya ketebalan cireng maksimal seperti gambar di atas, menggorengnya memang relatif lebih lama karena tidak memakai adonan biang, serta gunakan api yang sangat kecil agar mudah matang merata hingga ke dalam.

Hati-hati terhadap sausnya jangan sampai moncrot apalagi kena tangan dalam keadaan masih panas. Sebaiknya cireng moncrot ini jangan dimakan masih terlalu panas atau jangan langsung pakai tangan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment