Prabowo dan Gibran Resmi Dilantik Sebagai Presiden dan Wapres RI 2024-2029

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029 dalam Sidang Paripurna MPR di Gedung Nusantara, Senayan

FALIHMEDIA.COM | JAKARTA – Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia untuk periode 2024-2029. Keduanya dilantik dalam Sidang Paripurna Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang berlangsung di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Pelantikan dimulai dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya, kemudian dibuka secara resmi oleh Ketua MPR sekaligus Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani.

“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang serta peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” kata Prabowo saat mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden RI ke-8.

“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang serta peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” kata Gibran Rakabuming Raka mengikuti dengan sumpah jabatan sebagai Wakil Presiden RI ke-14.

Setelah mengucapkan sumpah, Prabowo dan Gibran menandatangani berita acara pelantikan, menandakan resminya mereka memegang jabatan tertinggi di pemerintahan.

Acara ini dihadiri oleh para tamu kehormatan, termasuk dari negara-negara tetangga dan anggota G-20. Beberapa mantan presiden dan wakil presiden juga turut hadir, seperti Susilo Bambang Yudhoyono, Jokowi, Ma’ruf Amin, Jusuf Kalla, dan Try Sutrisno. Namun, Megawati Soekarnoputri tidak hadir karena dikabarkan sedang sakit.

Pelantikan ini menandai babak baru kepemimpinan Indonesia dengan harapan besar bagi masa depan bangsa.

 

  Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber falihmedia.com

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon