Resep Sambal Ijo Padang Selera Pedas Khas Minang

Food112 Views

FALIHMEDIA.COM – Sajian sambal cabe hijau dengan cara ditumbuk kasar tentunya sering dijumpai di rumah makan asli masakan Padang.

Resep sambal ijo pedas khas Minang ini, selalu menemani menu-menu hidangan lainnya sehingga membuat selera makan pun menjadi kian lahap.

Sambal pedas lado mudo sederhana yang serba hijau boleh campur teri, bisa menjadi tambahan referensi bagi kita untuk menghadirkan variasi rasa dalam menu makan sehari-hari di rumah.

Penggunaan cabe hijau dalam cara memasak sambal khas Padang, tentu dapat memberikan kreasi sambal dengan cita rasa yang enak dan segar.

Bila ingin pedas, cita rasa pedasnya berasal dari penggunaan cabe rawit hijau, oleh karena itu kita tinggal menyesuaikan rasa pedasnya sesuai selera.

Akan tetapi bagi yang sedang pantangan pedas, bisa tidak menggunakannya karena juga tetap enak dan segar karena sambal ijo padang juga memiliki khas rasa yang tidak terlalu pedas yang disebabkan hanya menggunakan cabai hijau saja.

Resep Bahan Sambal Ijo:
150 gram cabe hijau besar dicuci dan potong-potong kecil

100 gram cabe hijau keriting

Cabe rawit hijau, bila ingin pedas (jumlahnya silahkan sesuaikan dengan selera pedas)

2 buah tomat hijau

6 butir bawang merah dikupas kulit

2 siung bawang putih dikupas kulitnya

1 buah jeruk nipis

1/2 sdt garam

Secukupnya penyedap rasa atau gula pasir (sesuai selera)

7 sdm minyak goreng arau secukupnya

Resep Membuat Sambal Ijo Padang:
Siapkan kukusan, kemudian kukus bahan-bahan sambal yang terdiri dari cabe, tomat, bawang merah dan bawang putih hingga layu atau sekitar 15 menit.

Setelah bahan dikukus, selanjutnya ulek kasar.

Panaskan minyak, lalu tumis hasil ulekan dan aduk-aduk rata. Tambahkan garam, penyedap atau gula pasir, dan air perasan jeruk nipis.

Aduk rata hingga harum dan matang, matikan api lalu angkat dan siap untuk disajikan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment