Resep dan Cara Membuat Dodol Zebra

Food195 Views

FALIHMEDIA.COM – Dodol zebra adalah salah satu jenis camilan yang terbuat dari tepung ketan, gula kelapa, santan, dan pewarna makanan.

Dodol zebra memiliki tampilan yang unik dan menarik karena terdiri dari dua warna yang berbeda yang berbentuk seperti zebra.

Berikut adalah resep dan cara membuat dodol zebra yang bisa Anda coba di rumah:

Bahan-bahan:

200 gram tepung ketan

200 gram gula kelapa

400 ml santan

1/4 sendok teh garam

Pewarna makanan merah dan hijau secukupnya

Cara membuat:

Campurkan tepung ketan, gula kelapa, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk rata.

Masukkan santan sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga tercampur rata.

Bagi adonan menjadi dua bagian yang sama besar.

Tambahkan pewarna makanan merah pada salah satu bagian adonan dan pewarna makanan hijau pada bagian adonan yang lain. Aduk rata hingga warna merata.

Siapkan loyang yang sudah diolesi dengan sedikit minyak goreng. Tuang adonan hijau di atas loyang dan ratakan. Kemudian tuang adonan merah di atas adonan hijau dan ratakan kembali.

Panaskan adonan dengan api sedang sambil terus diaduk hingga adonan mengental dan tidak lengket. Ini memerlukan waktu sekitar 1-2 jam. Pastikan adonan tidak terlalu kering atau terlalu basah.

Setelah adonan mengental, angkat dan tuang ke dalam loyang yang sudah diolesi dengan sedikit minyak goreng. Ratakan dan dinginkan sebelum dipotong-potong.

Dodol zebra siap disajikan sebagai camilan atau oleh-oleh. Anda juga bisa menambahkan aroma vanila atau cokelat pada adonan untuk memberikan variasi rasa.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment