Nikmati Kelezatan Resep Tape Ketan Homemade

Food, Gaya Hidup176 Views

FALIHMEDIA.COM – Tape ketan merupakan salah satu camilan tradisional Indonesia yang memiliki rasa khas dan tekstur yang lembut. Mencoba membuat tape ketan sendiri di rumah bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan memuaskan.

Berikut ini adalah resep tape ketan homemade yang bisa Anda coba:

Bahan-bahan:

500 gram ketan putih

200 ml air kelapa

1 sendok makan ragi tape

1 sendok makan gula pasir

Daun pisang secukupnya untuk membungkus.

Cara membuat:

Cuci bersih ketan putih dan rendam dalam air selama 4-6 jam. Setelah itu, tiriskan ketan dari air rendaman.

Panaskan air kelapa hingga hangat, lalu tambahkan ragi tape dan gula pasir. Aduk hingga ragi larut dan gula tercampur rata.

Tuangkan campuran air kelapa, ragi, dan gula ke dalam wadah yang berisi ketan putih. Aduk rata hingga semua ketan terendam oleh campuran tersebut.

Tutup wadah dengan kain bersih dan biarkan selama 1-2 hari pada suhu ruangan. Proses fermentasi akan membuat ketan menjadi tape yang lezat.

Setelah 1-2 hari, cek kekentalan tape. Jika sudah mencapai konsistensi yang diinginkan, tape ketan siap untuk digunakan.

Siapkan daun pisang sebagai pembungkus. Ambil sejumput ketan tape dan bungkus dengan daun pisang. Lakukan hal yang sama dengan sisa ketan tape.

Steam ketan tape dalam kukusan panas selama 15-20 menit hingga matang.

Setelah matang, tape ketan siap disajikan. Nikmati tape ketan sebagai camilan atau hidangan penutup yang lezat.

Perlu diketahui, proses fermentasi tape ketan dapat berlangsung lebih lama tergantung pada suhu dan kelembapan ruangan. Jadi, pastikan untuk memantau konsistensi dan aroma tape ketan selama proses fermentasi.

Tape ketan homemade ini bisa dinikmati sebagai camilan atau digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat berbagai kue dan makanan penutup lainnya. Rasakan kelezatan tape ketan yang manis dan lezat dengan resep ini.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment