Pemdes Galis Manfaatkan Bumdes Produksi Paving Block

Ekonomi, UMKM97 Views
FALIHMEDIA.COM | GILIGENTING – Pemerintah Desa (Pemdes) Galis, Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep menjadi desa pertama kalinya di Kecamatan Giligenting memanfaatkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk memproduksi paving block, yang ditempatkan di lahan kosong milik Kepala Desa Galis.
 
Pemanfaatan BUMDes tersebut untuk dapat terlaksananya pembangunan yang ada di desa galis dan meminimalisir kebutuhan paving.
 
Kepala Desa Galis, H. Akhmad Safri Wiarda mengatakan bahwa desa merupakan salah satu unit terkecil dalam suatu negara. Perekonomian negara akan maju jika desanya juga maju. Kerena kemajuan desa akan mempengaruhi kemajuan suatu negara.
 
“Usaha yang dapat dilakukan oleh desa untuk mensejahterakan masyarakat dengan mengelola BUMDes, salah satunya dengan memproduksi paving sendiri,” kata Kepala Desa Galis, H. Akhmad Safri Wiarda saat ditemui dilokasi produksi paving kepada Falihmedia.com. Senin (14/3/2022).
 
Safri menjelaskan bahwa untuk bahan pembuatan produksi paving sendiri mengandalkan impor dari luar kabupaten.
 
“Untuk bahan seperti semen kami beli disini, namun untuk bahan pasir hitam kami datangkan dari jawa melalui transportasi laut,” jelasnya.
 
Lebih lanjut Safri mengatan bahwa untuk pemasarannya sendiri masih belum dilakukan karena saat ini pihaknya masih proses pembelajaran dan belum di uji laboratorium.
 
“Belum, untuk pemasaranya masih belum dilakukan karena nantinya hasil yang ada akan di uji laboratorium di Unija untuk standar SNI dan mengenai bentuk nantinya kami tidak akan terpaku pada satu model,” ujarnya.
 
Sementara untuk para pekerjanya kata Safri belum dibentuk, karena yang bekerja saat ini masih ada yang dari perangkat desa dan pekerja lepas.
 
“Setelah di uji nantinya kami akan merektrut para pekerja dan tentunya dari masyarakat desa galis sendiri,” ucapnya.
 
Safri berharap dengan adanya produksi paving semoga kebutuhan paving yang ada di giligenting khususnya desa galis bisa tercukupi.
 
“Semoga dengan adanya produksi paving ini pembangunan yang ada di desa bisa terpenuhi, apalagi desa galis punya inesiatif untuk membangun taman desa, sehingga pavingnya nanti tidak hanya tergantung ke dana desa,” pungkasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment