Pemdes Bringsang Santuni Anak Yatim Hasil Pengelolaan Bumdes Serunai Jingga

SosBud, Sosial73 Views

FALIHMEDIA.COM | BRINGSANG – Mengawali Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah, Pemerintah Desa dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Serunai Jingga menggelar santunan anak yatim yang bertempat di Pendopo Balai Desa Bringsang, Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep, pada Salasa (21/03/2023).

Santunan yang diberikan kepada puluhan anak yatim tersebut dihadiri oleh Sekcam Giligenting, Polsek Giligenting, Koramil 0827/23 Giligenting, dan Ketua Bumdes.

Kepala Desa Bringsang, Akhmad Muzakki menyampaikan, santunan anak yatim ini menggunakan dana yang bersumber dari pendapatan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Serunai Jingga yang dikelola dan disisihkan dari Simpan Pinjam.

“Simpan pinjam milik Bumdes Serunai Jingga ini berjalan, dan alhamdulillah manfaatnya sudah banyak yang bisa kita dirasakan. Khususnya bagi warga Bringsang, pada tahun 2021/2022 sebagian hasilnya oleh pengelola disisihkan untuk santuni anak yatim,” ujar Kades Akhmad Muzakki.

Melalui kegiatan santunan anak yatim, kades juga berpesan pada anak-anak yatim bahwa doa dari anak-anak tersebut bisa membuka pintu langit dan luar biasa bagi orang tua yang sudah meninggal.

“Untuk itu, kita sebagai anak yang orang tuannya sudah meninggal dunia agar terus mendoakannya, karna tugas kita sebagai anak agar tetap berbakti kepada orang tua.

Selain itu, Kades beserta perangkat desa juga membuka diri sebagai orang tua bagi anak-anak yatim, jika ada suatu hal yang dibutuhkan, terutama berkaitan dengan pendidikan, dirinya siap untuk untuk mendukung.

“Melalui anak-anak yatim di sini kami juga minta didoakan agar usaha yang dijalankan oleh BUMDes Serunai Jingga berjalan lancar dan terus memberikan manfaat bagi warga Bringsang,” imbuh Kades.

Sementara itu, Ketua BUMDes Serunai Jingga, Bidang Simpan Pinjam Sujibno, S.Pd. SD menyampaikan, dari usaha yang dijalankan BUMDes, yakni Simpan Pinjam ada dana yang disisihkan untuk kegiatan sosial, salah satunya untuk santunan anak yatim.

“Para pengurus BUMDes juga turut berbagi langsung untuk diberikan kepada anak-anak yatim di sini selain hasil penyisihan dari Simpan Pinjam,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Sekretaris Camat (Sekcam) Giligenting Akhmad Hidayat, ST. MM menjelaskan bahwa BUMDes yang dikelola oleh desa merupakan milik Warga Bringsang, artinya semua warga turut memiliki.

“Kami berharap agar semua turut mendoakan dan mendukung apa yang menjadi usaha bersama yang menjadikan pemberdayaan bagi warga sehingga menjadikan warga Bringsang Maju, Mandiri, Bermartabat dan Unggul sesuai dengan harapan semua pihak,” tandasnya. (Konengan/Team)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment