Manfaatkan Lahan Tidur, Babinsa Koramil Giligenting Sulap Menjadi Lahan Pertanian

Ekonomi, Sumenep140 Views

FALIHMEDIA.COM | GILIGENTING – Manfaatkan lahan tidur 1 hektar menjadi lahan pertanian yang subur, Babinsa Koramil 0827/23 Giligenting Serma Triyanto, menggarap lahan tidur menjadi lahan pertanian dengan baik guna untuk meningkatkan perekonomian masyarakat pulau Giligenting.

“Kami sudah menanam singkong Alhamdulillah sukses, saat ini mau tanam jagung, kalau bisa Giligenting ini kita bisa jadikan Pulau swasembada pangan,” ujar Serma Triyanto usai menggarap lahan tidur di Desa Bringsang, Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep, Kamis (28/3/2024) kemarin.

Pembukaan lahan tidur yang di garap, jelas Serma Triyanto karena lahan tersebut tidak difungsikan oleh masyarakat Giligenting yang rata-rata 60 persen urban ke Jakarta untuk mencari nafkah.

“Kami mengajak komponen masyarakat yang masih tinggal di Kecamatan Giligenting, dalam hal ini Kepala Desa dan kelompok tani untuk memberi contoh sekaligus mengedukasi bagaimana bertani jagung yang baik,” jelas Serma Triyanto.

“Masyarakat disini di Desa Bringsang sangat tertarik, sangat senang dan rencananya nanti akan diikuti oleh para petani yang tidak ke Jakarta,” sambung Serma Triyanto.

Menurut Serma Triyanto menanam jagung bisa dilaksanakan kapan saja. Sehingga, bagi masyarakat yang tidak turut merantau keluar Kota seperti kebanyakan yang ada di ibu kota Jakarta bisa menggarap lahan pertanian.

“Kami berharap kedepannya menanam jagung bisa dilakukan tiga kali dalam setahun dan ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” tandas Serma Triyanto.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment