Jaga Ekosistem Laut, Kelompok Nelayan Desa Bringsang Tenggelamkan 105 Modul Rumah Ikan

Ekonomi60 Views
FALIHMEDIA.COM | GILIGENTING – Upaya untuk menjaga ekosistem laut dan menambah hasil tangkapan nelayan, kelompok nelayan karya bahari dusun kebun dadap bersama Kepala Desa (Kades) Bringsang serta Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provensi Jawa Timur siap menenggelamkan 105 modul rumah ikan.
Penenggelaman tersebut direncanakan pada Kamis 17 Maret 2022, yang melibatkan semua anggota kelompok nelayan karya bahari, kades bringsang beserta DKP Provensi Jawa Timur.
 
Ketua kelompok nelayan karya bahari, Nisam mengatakan bahwa penenggelaman rumah ikan ini dimaksudkan sebagai areal tempat berkumpulnya ikan sehingga mempermudah nelayan untuk menangkap ikan.
 
“Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian para kelompok nelayan terhadap kelestarian ekosistem laut,” katanya. Selasa (15/3/2022).
 
Lebih lanjut, Nisam menjelaskan setidaknya nantinya bisa menjadi daerah penangkapan (fishing ground) para nelayan.
 
“Nantinya para nelayan tidak hanya menangkap ikan saja, tetapi bagaimana ikan ini bisa berkembang biak dengan baik,” jelasnya.
 
Sementara itu, Kepala Desa Bringsang Achmad Muzakki mengungkapkan bahwa fish apartement ini merupakan tempat berlindung, tempat tinggal dan berkembangbiaknya ikan serta habitat laut lainnya.
 
“Dengan penenggelaman fish apartement ini diharapkan terjadi peningkatan sumber daya ikan dan terjadi peningkatan hasil tangkapan nelayan,” harapnya.
 
Penenggelaman fish apartement ini, kata Achmad Muzakki bertujuan untuk menciptakan perlindungan biota laut, khususnya ikan sehingga dapat berkembang biak dan hidup dengan aman.
 
“Selain itu, ikan yang didapat tergolong ikan ekonomis penting. Dengan demikian mampu menambah pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan nelayan,” pungkasnya.
 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment