Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha 2023


FALIHMEDIA.COM | GILIGENTING – Hari raya Idul Adha 1444 Hijriah tahun ini jatuh pada Kamis (29/6/2023). Ada pula yang merayakan Idul Adha hari ini, Rabu 28 Juni 2023.

Dalam merayakan Idul Adha, biasanya umat Islam saling mengirimkan ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha.

Sebagaimana dilansir Falihmedia.com, Rabu (28/6/2023) dari laman Kompas.com, berikut pernyataan dosen komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Deden Mauli Darajat mengatakan, saling mengirimkan ucapan selamat Idul Adha memiliki makna saling mendoakan.

Diharapkan melalui ucapan tersebut, masing-masing bisa mendapatkan kebaikan di hari raya.

“Siapa yang mendoakan kebaikan untuk orang lain, maka kebaikan yang sama akan datang kepada orang yang mendoakan. Bukan hanya untuk orang yang didoakan,” kata Deden.

Pihaknya menyebutkan, salah satu ucapan yang bisa diberikan kepada orang lain adalah “Taqabbalallahu Minna wa minkum. Kullu am wa antum bikhair,”

Arti dari ucapan tersebut adalah “Semoga Allah SWT menerima ibadah kita dan kalian, dan setiap tahun kalian berada dalam kebaikan,”

Deden mengatakan, ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha bisa berbeda-beda di setiap negara.

Di Turki misalnya, biasanya orang di negara tersebut akan mengucapkan ‘Kurban bayraminiz mubarek Olsun,’ yang artinya ‘Selamat Hari Raya Kurban, semoga keberkahan menyertaimu.’

“Di barat juga sama, ‘Eid Mubarak’ yang artinya ‘Selamat Idul Adha, semoga berkah’,” kata dia.

Berikut ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha:
Hidup adalah timbal balik. Apa yang kamu berikan akan kembali, apa yang kamu tanam akan tumbuh, dan apa yang kamu korbankan akan berbuah pahala. Selamat berkurban dan selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 2023, serta tidak lupa mohon maaf lahir dan batin.

Nada takbir menggema sudah dikumandangkan, sinyal Idul Adha sudah datang. Ampunan serta barokah mudah-mudahan kita peroleh. Selamat Hari Raya Idul Adha 2023. Taqabbalallahu Minna wa Minkum.

Naik unta pergi berhaji. Berbekal iman dan ketaqwaan. Idul Adha saatnya berbagi lambang ukhuwah dan persaudaraan. Selamat Hari Raya Idul Adha.

Kami sekeluarga mohon maaf lahir dan batin. Selamat Idul Adha. Semoga perjalanan hidup kita semakin mudah dengan rezeki yang cukup dan berkah. Salam untuk keluarga.

Hidup adalah sebuah pencarian. Labuhkan pencarian hidupmu hanya pada Yang Maha Kekal meski penuh pengorbanan. Layaknya pencarian dan pengorbanan Nabi Ibrahim AS yang hanif. Selamat Hari Raya Idul Adha.

Ketulusan hati sering terlukai dengan keegoan. Keikhlasan penghambaan sering terguris dengan keangkuhan. Nabi Ibrahim AS selalu menjadi inspirasi tak bertepi untuk perbaiki diri. Selamat Idul Adha. Saudaraku se-Indonesia, selamat merayakan Idul Adha bersama keluarga tercinta. Mohon maaf atas segala khilaf. Rayakan kemenangan dengan kesyukuran. Taqabbalallahu Minna wa minkum.

Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwa. Hidup ini terasa indah jika ada maaf. Taqabbalallahu Minna wa minkum.

Idul Adha adalah saat untuk merayakan semangatmu dalam berkurban, harapanmu pada ampunan, dan keteguhanmu dalam beriman. Selamat Hari Raya Idul Adha, mohon maaf lahir dan batin.

Berkurbanlah sekecil apapun itu karena bukan Anda atau mereka yang memberi pahala melainkan Allah SWT. Tak perlu mengharapkan balasan dari mereka karena yang Maha Pemurah tahu cara bagaimana membalasnya. Selamat Hari Raya Idul Adha. (Aditya PD, Rizal SN/Red/Falih Media)

  Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber falihmedia.com

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon