Jaga Alam, Pemdes Galis Tanam Bibit Pohon Cemara Udang

News, Sumenep113 Views
FALIHMEDIA.COM | GILIGENTING – Guna meminimalisir terjadinya abrasi pantai, Pemerintah Desa (Pemdes) Galis bersama Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan juga masyarakat menanam bibit pohon cemara udang di tepi pantai Dusun Bara’ Lao’, Desa Galis, Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep. Jumat (31/12/2021).
 
Penanaman bibit pohon cemara udang tersebut merupakan realisasi kunjungan SKK Migas dan Medco Energi untuk penghijauan tepi pantai.
 
Kepala Desa Galis, Akhmad Safri Wiarda mengatakan bahwa penanaman pohon ini merupakan bentuk kepedulian SKK Migas dan Medco Energi dalam menjaga kelestarian lingkungan terutama di lingkungan pulau giligenting khususnya desa galis. Mengingat sebagian rumah penduduk berada di pesisir pantai, sehingga ketika bencana angin kencang dampaknya mempengaruhinya.
 
“Untuk itu, dengan memperbaiki lingkungan yakni dalam hal ini menanam pohon dan menjaga kebersihan lingkungan, hal hal yang tidak di inginkan seperti bencana angin kencang dan abrasi tidak terjadi lagi di desa ini,” katanya.
 
Safri juga mengajak kepada masyarakat desa galis khususnya penduduk di tepi pantai agar selalu menjaga kebersihan dan merawat pohon agar tetap asri.
 
“Saya juga menghimbau kepada masyarakat secara keseluruhan beserta tokoh masyarakat supaya bisa menjaga lingkungannya masing masing. Karena pemerintah tidak akan bisa melakukan itu semua tanpa bantuan dari masyarakat. Insha Allah, masyarakat desa galis ini faham, sadar, dan mau menjaga kelestarian di lingkungannya,” ujarnya.
 
Selain itu, Safri juga menjelaskan, dalam penanaman pohon kali ini di dusun bara’ lao’, setidaknya ada total 40 pohon yang telah di tanam di dua titik.
 
“Untuk jenis pohon yang di tanam yakni pohon cemara udang, selain dapat menyerap air, pohon tersebut juga berfungsi sebagai pemecah arah angin dan juga sebagai tempat berteduh. Dan hari ini kita menanam di dua titik yakni pantai duko dan pantai nuko,” jelasnya.
 
Lebih lanjut, nantinya keseluruhan bibit pohon yang berjumlah 100 bibit pohon cemara udang kata Safri akan ditanam di pesisir pantai desa galis.
 
”Intinya disini kami kolaborasi antara pemdes galis, bpd, dan Masyarakat Desa galis untuk melakukan penanaman bibit pohon ini di beberapa titik seperti bibir pantai selatan desa galis yang di lakukan hari ini dan tepi pantai barat desa galis. Tujuannya supaya sama sama berkomitmen untuk menjaga kelestarian ekosistem alam yang ada di lingkungan Desa galis ini,” pungkasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment