Pengawas Madrasah Gelar PKKM di MTs Nurul Hidayah Aengbaja Kenek

FALIHMEDIA.COM | SUMENEP – Pengawas Madrasah Kementrian Agama Kabupaten Sumenep menggelar Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) bertempat di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Hidayah Desa Aengbaja Kenek, Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep pada Selasa (10/10/2023).

Penilai PKKM dari pengawas madrasah, Achmad Muchlis, S.P, M.Pd.I mengatakan jika PKKM tersebut merupakan agenda tahunan dan merupakan ketersambungan dari penilaian kinerja guru hingga penilaian kinerja para pengawas.

“PKKM ini adalah rutin dilakukan tiap tahun, dan merupakan regulasi dari penilaian kinerja guru hingga penilaian kinerja pengawas madrasah, sedangkan tujuan dari PKKM ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kepala Madrasah dari segi manajemen dan kepemimpinan”, katanya.

Mantan kepala MTs Nurul Islam ini juga menambahkan dengan adanya kurikulum merdeka madrasah dalam kedepannya melibatkan peran orang tua atau wali murid dalam membuat kisi-kisi visi dan misi madrasah.

“Dalam kurikulum merdeka ini kedepannya libatkan pendapat atau peran dari orang tua atau wali murid dalam membuat kisi-kisi visi dan misi madrasah, sehingga visi dan misi madrasah”, imbuhnya.

Sedangkan penilai kedua, Drs. H. Abd Samad menjelaskan tentang salah satu cara memajukan pendidikan di lembaga keagamaan atau madrasah yaitu dengan cara menonjolkan mata pelajaran umum seperti bisa berkomunikasi bahasa Inggris, pandai matematika atau lainnya.

“Di lembaga pendidikan yang berbasis keagamaan ini salah satu cara untuk memajukan madrasah adalah dengan menonjolkan pelajaran umum sehingga bisa menjadi unggulan, seperti siswa bisa berbicara bahasa inggris, pandai matematika dan lain-lain, tentunya tetap dengan tidak mengesampingkan pendidikan agama yang telah diprogramkan, dan yang paling penting juga adalah tetap Istiqomah dalam berdoa dan bersabar dalam mengelola pendidikan ini”, ucapnya.

Pada kesempatan yang sama kepala MTs Nurul Hidayah M. Hasan Basri, S.Pd dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada para penilai PKKM yang telah hadir kelembagaannya dan telah melakukan penilaian terhadap kinerjanya, dirinya juga akan menjalankan arahan-arahan dari para penilai untuk kemajuan MTs yang dipimpinnya.

“Saya ucapkan terima kasih yang banyak atas kehadiran dan penilaian kinerja kepada kami, khususnya kepada saya pribadi, dan saya juga akan menjalankan arahan-arahan dari Bapak-bapak penilai untuk kemajuan di lembaga ini,” singkatnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala MTs Nurul Hidayah, M. Hasan Basri, S.Pd didampingi oleh para wakil kepala madrasah dan dewan guru MTs di lembaga tersebut, sedangkan bertindak sebagai penilai PKKM dari pengawas madrasah pada kantor kementerian agama Kabupaten Sumenep yakni Achmad Muchlis, S.P, M.Pd.I dan Drs. H. Abd Samad.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment