Manfaatkan Bulan Ramadhan, MTs Anwaruddin Gelar Kegiatan Pondok Ramadha

FALIHMEDIA.COM | GILIGENTING – Memanfaatkan bulan suci Ramadhan, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Anwaruddin Desa Galis, Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep mengadakan kegiatan pondok Ramadhan.

Kegiatan pondok Ramadhan tersebut dilaksanakan dari tanggal 06 sampai 16 April 2022, dari pukul 07.45 sampai 10.00 WIB dan diikuti oleh semua siswa dan siswi dari kelas 1 sampai kelas 3.

Kepala MTs Anwaruddin, Ainul Yaqin, S. Pd mengatakan dalam memanfaatkan bulan suci Ramadhan selain berpuasa pihaknya mengisi dengan hal-hal yang positif yang bernilai amal shaleh.

“Bulan Ramadhan adalah bulan suci bagi umat Islam. Dimana pada bulan tersebut Allah SWT mewajibkan umat Islam melaksanakan ibadah puasa. Selain itu pada bulan Ramadhan, Allah SWT menurunkan hidayah, ampunan, rahmat, serta melipat gandakan pahala ibadah. Oleh Karenannya, kita sebagai umat muslim harus bisa memanfaatkan bulan tersebut dengan mengisi hal-hal yang positif salah satunya dengan kegiatan pondok Ramadhan,” kata Kepala MTs Anwaruddin, Ainul Yaqin, S. Pd, Kamis (7/4/2022).

Santriwan, Saat Mengisi kelas putra (Foto: Warist)

Tujuan dari kegiatan pondok Ramadhan ini, kata Ainul Yaqin guna memberikan tambahan pengetahuan kepada peserta didik, tentang keutamaan bulan Ramadhan dan amaliyah-amaliyah yang biasa di lakukan saat bulan Ramadhan serta bimbingan khusus dalam melaksanakan ibadah.

Kegiatan Pondok Ramadhan ini, dimulai dengan shalat Dhuha berjama’ah kemudian masuk ruang kelas untuk mendapatkan materi keagamaan seputar Fiqih puasa, Fiqih shalat, Fiqih perempuan (Khusus kelas Putri), Fiqih Toharoh, Tajwid dan Tauhid,” ujarnya.

Kegiatan Pondok Ramadhan ini, jelas Ainul Yaqin sebagai pemateri selain dari dewan guru juga diambil dari Santriwan-santriwati yang masih aktif mondok di Pesantren.

“Untuk penataan ruang kelas sendiri dibagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama, Kelas Putri dengan 3 ruang kelas dan Kelompok kedua, Kelas Putra dengan 2 ruang kelas,” jelasnya.

Ainul Yaqin juga berharap semoga kegiatan yang baik ini di ridhoi oleh Allah SWT dan membawa manfaat bagi seluruh warga MTs Anwaruddin serta ilmu yang diperoleh siswa-siswi menjadi ilmu yang barokah.

“Semoga dengan adanya kegiatan pondok Ramadhan ini, menjadikan salah satu amal shaleh, menambah iman serta menambah pengetahuan ilmu dan bermanfaat,” pungkasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment