Manfaatkan Bulan Ramadhan, Ponpes Nurul Huda Gelar Pondok Ramadhan

FALIHMEDIA.COM | SUMENEP – Yayasan Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Huda Desa Banbaru, Pulau Giliraja, Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep memanfaatkan momen bulan Ramadhan dengan mengadakan Pondok Ramadhan yang diikuti oleh santri tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Huda. Senin (11/4/2022).

Kegiatan pondok Ramadhan tersebut di isi dengan hataman kitab turost Safinatunnajah yang dilaksanakan selama 14 hari mulai hari Minggu 10 April sampai hari Sabtu tanggal 23 April 2022.

Ketua Panitia Pondok Ramadhan, Ustadz Hariyanto mengatakan bahwa kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh pengasuh Ponpes Nurul Huda dan Ketua Yayasan Nurul Huda.

“Hataman kitab tersebut adalah kegiatan Pondok Ramadan, muallimnya langsung pengasuh, Kiyai Abd. Hafidh Yahya dan ketua Yayasan, Kiyai Abd. Halim Al-A’la,” kata Ketua Panitia Pondok Ramadhan, Ustadz Hariyanto, Sabtu sore (9/4/2022) kemarin usai rapat koordinasi persiapan.

Selain hataman kitab turost Safinatunnajah kata Hariyanto juga di isi dengan praktik ibadah keseharian meliputi praktik tata cara berwudhu, shalat fardhu sendirian dan berjamaah, praktik shalat janazah, shalat kusufain, shalat idaini dan shalat safar.

“Pembimbingnya para ustadz senior Nurul Huda Banbaru,” ujarnya.

Pondok ramadan 1443 H, lanjut Harianto, berbentuk klasik dengan konsep pembelajaran tiga sesi. Sesi pertama hataman kitab turost ‘Safinatunnajah’, sesi kedua praktik ibadah keseharian dan sesi ketiga hataman kitab turost ‘Safinatunnajah’.

“Kami juga mewajibkan peserta Pondok Ramadan, tadarus bersama setengah jam sebelum adzan ashar serta shalat duhur dan ashar berjamaah,” tuturnya.

Lewat sejumlah kegiatan yang telah di agendakan untuk mengisi bulan ramadan 1443 H, Hariyanto berharap, semoga mendapatkan limpahan barokah.

“Semoga civitas akademika Nurul Huda Banbaru, alumni, simpatisan mendapatkan barokahnya bulan ramadan,” pungkasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment