Cara Agar Orang Tidak Bisa Kirim WA, Tidak Usah Blokir

Teknologi61 Views

FALIHMEDIA.COM – Memblokir nomor mungkin jadi satu-satunya pilihan saat ingin menghentikan nomor tertentu mengirim pesan di WhatsApp. Namun ada satu cara yang lebih gampang dan tidak perlu sampai memblokir kontak seseorang.

Yakni dengan memanfaatkan fitur arsip atau Archive yang tersedia di dalam WhatsApp. Anda tidak akan melihat chat dari kontak tertentu di dalam aplikasi.

Jadi fitur arsip akan membuat kontak yang telah dipilih dalam keadaan diarsipkan. Fitur ini juga bisa menyembunyikan chat dari kontak individu maupun grup.

Ruang chat akan dalam keadaan dibisukan meski ada pesan baru yang masuk. Termasuk juga tidak akan mendapatkan pemberitahuan ataupun notifikasi.

Notifikasi tersebut baru akan muncul, saat nama pengguna di-mention oleh kontak tersebut. Selain itu juga saat pesan dibalas atau di-reply.

“Arsip di WhatsApp memungkinkan mengatur pesan pribadi dan memprioritaskan chat penting. Arsip Chat akan tetap diarsipkan dan mute namun Anda tetap bisa mengubahnya kembali,” tulis WhatsApp dalam akun Twitternya.

Fitur arsip sebenarnya sudah ada sebelumnya. Namun untuk pembaruan kali ini akan ada lebih banyak kontrol pada kotak masuk.

Untuk menggunakannya, pilih kontak yang diinginkan. Berikutnya klik Keep Chat Archived. Semua kontak yang diarsipkan akan masuk dalam folder baru bernama Arsip.

Tidak hanya itu, WhatsApp juga memiliki sejumlah fitur yang memungkinkan penggunanya tampil offline. Jadi tidak akan ada tanda-tanda sedang membuka aplikasi atau online.

Berikut cara menggunakan fitur WhatsApp agar terlihat offline:

Matikan Last Seen
Last Seen adalah fitur untuk memberikan informasi kapan pengguna terakhir kali menggunakan WhatsApp dan saat sedang online. Anda bisa mematikannya untuk terlihat sedang offline.

Caranya adalah dengan menyentuh ikon tiga titik di sudut kanan atas. Pilih Setting dan akun berikutnya tekan Privasi. Saat masuk ke menu Who Can See My Personal Info, klik Last Seen dan pilih Nobody. Opsi tersebut untuk semua orang, pada kontak yang disimpan atau tidak.

Matikan Centang Biru
Centang biru memperlihatkan seseorang sudah membaca pesan yang dikirimkan. Ini cara untuk menonaktifkannya:

Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas WhatsApp

Pilih Setting

Tekan Akun > Privasi

Geser toggle untuk pilihan Laporan Dibaca atau Read Receipts

Centang biru sudah non-aktif

Sembunyikan Status
Anda juga bisa menyembunyikan status dari kontak-kontak tertentu untuk terlihat offline. Pertama masuk ke opsi titik tiga > Privasi > Status.

Selanjutnya ada pilihan kepada siapa Status dibagikan. Mulai dari “Kontak Saya”, “Kontak Saya Kecuali…”, dan “Hanya Bagikan Dengan…”. Pilih sesuai yang diinginkan.

Buat Status
Anda dapat membagikan informasi untuk tidak ingin diganggu dengan mengunggah status. Jadi tak perlu repot menghindari pesan yang masuk di dalam WhatsApp.

Masuk ke menu ikon tiga titik > Settings > nama profil WhatsApp > About. Klik ikon pensil dan tulis status jika akun Anda akan offline dalam waktu tertentu. Terakhir tekan tombol Save.

Matikan Background Data
Terakhir Anda juga bisa mematikan Background Data untuk menghentikan menerima pesan. Namun cara ini hanya berlaku untuk pengguna Android.

Anda dapat masuk ke menu Settings. Berikutnya buka opsi data dan pilih nonaktifkan Background Data.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment