Waspadalah, 2 Aplikasi Ini Curi Data Pengguna Android dan Kirim ke China

Teknologi46 Views
Falih Media

FALIHMEDIA.COM – Tim keamanan siber Pradeo, menemukan dua aplikasi manajemen file berbahaya di Gooogle Play Store yang bertindak sebagai spyware atau mampu memata-matai kegiatan pengguna android atau telepon pintar.

Total instalasi kedua aplikasi spyware tersebut mencapai 1,5 juta.

Adapun kedua spyware berkedok aplikasi itu bernama File Recovery and Data Recovery, dan File Manager. Masih dari laporan Pradeo, keduanya dibuat oleh pengembang sama.

“Aplikasi spyware itu dibuat oleh pengembang yang sama, dan bisa aktif tanpa harus berinteraksi dengan pengguna untuk mencuri data sensitif dan mengirimnya ke server di China,” kata tim Pradeo.

Walau sudah dilaporkan ke Google, kedua aplikasi spyware tersebut masih tersedia di Google Play. Dijelaskan, File Recovery and Data Recovery mengidentifikasikan diri sebagai “com.spot.music.filedate.”

Diketahui, spyware tersebut sudah terinstal di HP Android setidaknya mencapai angka 1 juta. Sedangkan untuk File Manager, peneliti melaporkan aplikasi itu sudah terinstal di 500 ribu perangkat.

Kedua aplikasi ini ditemukan oleh mesin analisis perilaku milik Pradeo, dan deskripsi mereka menyatakan, kedua aplikasi Android tidak mengumpulkan data pengguna.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment