Viral TikTok Shop Hidup Lagi, Ini Tanggapan Mentri Perdagangan

Teknologi102 Views
FALIHMEDIA.COM | JAKART A – Beredar di media sosial bahwa TikTok Shop akan dibuka kembali pada 10 November 2023, sejumlah akun TikTok menginformasikan terkait hal tersebut.
 
Menangapi penyebarannya informasi tersebut di media sosial, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan alias Zulhas mengatakan belum ada pengajuan izin oleh TikTok agar media sosial itu menjadi e-commerce.
 
“Belum (belum ada pengajuan izin). Saya belum dengar,” ujarnya di lansir Finance.Detik.com saat di Hotel Mulia, Senayan, Jumat (13/10/2023).
 
Namun, Zulhas mengatakan, jika memang TikTok ingin mengajukan izin sebagai toko online, pemerintah terbuka akan membantu mengajukan perizinan tersebut.
 
“Tentu kalau ada, jadi sekali lagi kita tidak beragama Islam. Kita menata. Kalau ada yang mau yang mengurus, pemerintah menurunkannya melayani. Kita akan melayani. Tetapi ikut aturan pemerintah,” jelas dia.
 
Zulhas juga mengatakan sejauh ini belum ada pertemuan dengan pihak TikTok untuk membahas perizinan TikTok Shop. Dia mengatakan kembali bahwa pemerintah tidak melarang, namun pelaku usaha di Indonesia harus mengikuti aturan yang berlaku.
 
“Saya ketemu? Nggak, belum. Jadi begini, kita menata, masa perdagangan tidak diatur bagaimana? Kalau perdagangan tidak diatur bagaimana? Masuk barang ada transaksi, itu tidak diatur bagaimana? Oleh karena itu kita atur, tidak hanya satu perusahaan, secara umum diatur ditata. Kita atur namanya media sosial, social commerce, e-commerce,” ungkapnya.
 
Keterangan Zulhas ini berangkat dari hebohnya informasi di TikTok bahwa TikTok Shop dikabarkan akan buka lagi pada 10 November 2023. Sejumlah akun memberikan informasi itu dengan latar belakang sebuah artikel.
 
Namun, artikel yang disajikan oleh sejumlah akun tidak jelas asalnya dari mana. Seperti akun @ko******s, yang mengunggah video lima hari lalu. Akun tersebut mengatakan bahwa TikTok Shop akan dibuka lagi bulan depan.
 
“TikTok Shop akhirnya siap untuk dibuka kembali. Mantan banget. Keputusan ini diumumkan setelah berbagi negosiasi antara pihak TikTok dan otoritas pemerintah terkait,” kata akun tersebut.
 
Menurut sumber terpercaya TikTok Shop, dijadwalkan untuk dibuka kembali pada selambat-lambatnya 10 November 2023, lanjutnya.
 
Akun lainnya, juga menggunakan latar belakang artikel yang sama. Salah satu akun @zo***** menerangkan TikTok Shop siap dibuka kembali.
 
“Menurut sumber terpercaya TikTok Shop, dijadwalkan untuk dibuka kembali pada selambat-lambatnya 10 November 2023. Tentunya perubahan dan tingkat keamanan bakal terjamin dan lebih wow lagi,” ujar seseorang di akun tersebut sambil membacakan artikelnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment