Resep Rolade Tahu Kukus Ayam Wortel Isi Sayur Buncis

Food79 Views

FALIHMEDIA.COM – Adonan tahu gulung kali ini terbuat dari tahu campur ayam, wortel dan isi sayur buncis ini diolah dengan cara membuat yang sederhana tanpa lapisan kulit dadar telur. Teksturnya lembut juga memiliki cita rasa yang benar-benar enak dan gurih.

Aneka variasi lain setelah dikukus bisa juga digoreng langsung atau dicelupkan pada kocokan telur maupun berbalur tepung roti atau panir.

Rolade tahu ayam dan sayuran dikukus terbungkus daun pisang agar lebih beraroma, namun dapat diganti dengan pemakaian plastik bening tahan panas maupun alumunium foil.

Membungkus rolade memang gampang-gampang susah, karena menggulungnya harus benar-benar padat, termasuk juga ketika mengikat atau menyemat kedua ujungnya. Selain itu, potong rolade setelah benar-benar dingin atau bisa juga didinginkan dulu dalam kulkas.

Bahan dan bumbu:
350 gram tahu putih

100 gram daging ayam cincang/giling

50 gram wortel, potong kecil-kecil

50 gram bawang bombay, cincang halus

6 buah buncis, buang ujungya

1 butir telur

4 butir bawang putih, haluskan

1 sdt merica bubuk

1 sdt gula pasir

1/2 sdt garam

1/2 sdt kaldu bubuk

Daun pisang secukupnya atau plastik atau alumunium foil untuk membungkus.

Cara Membuat Rolade Tahu:
Haluskan tahu lalu masukkan telur, garam, gula, merica dan kaldu bubuk serta aduk rata. Masukkan wortel, daging ayam dan bawang bombay, aduk rata.

Bagi adonan menjadi 2 bagian untuk 2 bungkus rolade.

Letakkan adonan di atas daun pisang, lalu ratakan sambil dipadatkan serta bentuk segi empat.

Letakkan 3 buah buncis di sisi dekat, gulung pelan-pelan dengan bantuan daun pisang.

Setelah tergulung sempurna, buka gulungan dan gulung kembali sampai padat (mau bulatan lebih sempurna bisa diulang beberapa kali agar benar-benar padat dan rapih), kemudian tekuk dan ikat atau semat dengan lidi di kedua ujungnya.

Panaskan kukusan, berikutnya kukus rolade tahu selama 30 menit dan matang lalu angkat dan biarkan dingin. Potong-potong sesuai selera, rolade tahu sudah siap untuk disajikan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment