Falih Media Bersama RRI Sumenep Gandeng Masyarakat Giligenting Tanam Bibit Mangrove

News, Sosial, Sumenep97 Views
FALIHMEDIA.COM | GILIGENTING – Dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan dan mempertahankan keseimbangan ekosistem, Falih Media bersama RRI Sumenep menggandeng masyarakat Giligenting untuk menanam mangrove. Entitas kedua ini memiliki komitmen yang sama terhadap pelestarian lingkungan dan berusaha untuk melibatkan masyarakat dalam upaya ini.
Falih Media , sebagai perusahaan media online yang juga fokus pada pemberdayaan masyarakat, dan RRI Sumenep, sebagai stasiun radio nasional yang memiliki jangkauan luas, berkolaborasi untuk mengajak masyarakat Giligenting dalam penanaman mangrove. Yang dimulai sejak pukul 05.00 WIB sampai pukul 07.50 WIB.
 
“Tujuan dari inisiatif ini adalah untuk membangun kesadaran tentang pentingnya mangrove dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan melindungi wilayah pesisir dari erosi,” ujar Pimpinan Redaksi Falih Media, M. Rifai. Sabtu (16/12/2023).
 
Proses penanaman mangrove ini, kata Rifai melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat Giligenting serta kelompok nelayan Berru Mandiri.
 
“Dengan dukungan Falih Media dan RRI Sumenep serta bimbingan dari Korlap FK3I Sumenep, masyarakat setempat menanam bibit mangrove di sepanjang garis pantai berru,” kata Rifai.
 
“Kegiatan ini bukan hanya membantu dalam pelestarian lingkungan, namun juga memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berkontribusi secara langsung dalam upaya konservasi ini,” sambungnya.
 
Dampak dari penanaman mangrove ini, jelas Rifai sangat signifikan. Mangrove berfungsi sebagai penahan alami terhadap erosi dan banjir, dan juga sebagai habitat bagi berbagai spesies hewan dan tumbuhan.
 
“Selain itu, kegiatan ini juga membantu dalam memperkuat ikatan komunitas dan membangun kesadaran tentang pentingnya pelestarian lingkungan,” jelasnya.
 
Dalam kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian dari Korlap FK3I Sumenep melalui Dinas Kehutanan Jawa Timur dalam rangkaian giat festival mangrove yang ke-6 yang akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Desember 2023 mendatang dilapangan merdeka Kalianget Sumenep.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment