Cara Ampuh Menurunkan Kolesterol dengan Sereh


FALIHMEDIA.COM – Cara menurunkan kolesterol dengan sereh perlu diketahui. Sereh ini dapat dicampur dengan air dan ampuh menurunkan kadar kolesterol jika diminum tiap pagi.

Sereh memang memiliki banyak kegunaan sebagai obat. Salah satunya adalah menurunkan kolesterol karena jenis rempah tersebut memiliki sifat anti inflamasi.

Sebagaimana dilansir Falihmedia.com, Kamis (29/6/2023) dari laman The Health Side, berikut cara ampuh menurunkan kolesterol dengan sereh: sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food and Chemical Toxicology pada 2011 oleh peneliti Brasil menemukan bahwa asupan sereh bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Studi tersebut dilakukan pada tikus. Dalam penelitian ini, tikus laboratorium diberi minyak esensial sereh selama 21 hari (100 mg/kg). Tikus kemudian diamati dan diketahui bahwa kolesterol dalam darahnya berkurang dan tidak mengalami efek samping.

Sementara itu, cara menggunakannya bisa dengan mengandalkan air hangat yang ditambahkan batang sereh. Air kemudian diminum secara rutin setiap pagi bersamaan dengan sarapan.

Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat, tetapi kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kolesterol tinggi dapat mengembangkan timbunan lemak di pembuluh darah. Akhirnya endapan ini tumbuh, sehingga sulit bagi darah untuk mengalir melalui arteri. Terkadang, endapan tersebut dapat pecah secara tiba-tiba dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Kolesterol tinggi dapat diturunkan, tetapi sering kali merupakan akibat dari pilihan gaya hidup yang tidak sehat, yang membuatnya bisa dicegah dan diobati. Diet sehat, olahraga teratur, dan terkadang obat-obatan dapat membantu mengurangi kolesterol tinggi.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment