SMAN 1 Sumenep Gelar Amil Zakat di Bulan Ramadan 1444 H

FALIHMEDIA.COM | SUMENEP – Dalam rangka meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan membangun kesalehan sosial peserta didik SMAN 1 Sumenep, menggelar Amil Zakat 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Kepala SMAN 1 Sumenep Achmad Sulaiman, menjelaskan, kegiatan Amil Zakat yang dilaksanakan sekolahnya tersebut dengan melaksanakan penerimaan dan penyaluran zakat fitrah dari peserta didik, yakni pertama zakat berupa uang keseluruhan yang diterima amil sebesar Rp23.487.000,-, kedua zakat berupa beras dari siswa sebanyak 105 kantong.

“Selanjutnya dari hasil pengumpulan uang amil dibelikan beras sebanyak 2.400 kilogram (2,4 ton) dan selanjutnya disalurkan kepada yang berhak menerima,” terang Sulaiman, Rabu (19/04/2023).

Dijelaskan, beberapa wilayah yang menjadi sasaran penyaluran beras Amil Zakat SMAN 1 Sumenep tersebut, yakni Desa Pabian sebanyak 150 kantong zakat, Marengan Laok sebanyak 150 kantong zakat, dan Desa Marengan Daya sebanyak 150 kantong zakat.

Di samping itu juga ada yang disalurkan melalui Masjid Rahmatullah Desa Kolor sebanyak 180 kantong zakat dan penyaluran ke beberapa panti asuhan berupa beras 50 kilogram, yakni ke Panti Asuhan Al-Istiqomah, Panti Asuhan MCC, dan Panti Amanah Umat.

“Kemudian sisa uang dari pembelian beras sebesar Rp1.020.000,- disalurkan ke Baznas Provinsi Jawa Timur melalui Cabang Dinas Pendidikan wilayah Kabupaten Sumenep,” tandas Sulaiman.

Diakui pula, jika kegiatan rutin tahunan ini mulai pengumpulan dan penyaluran zakat fitrah ditangani oleh OSIS sekaligus Ketua Amil Zakat OSIS SMAN 1 Sumenep Mohammad Syafril Baru. Termasuk pembelian beras dan penentuan lokasi penyaluran dilakukan OSIS SMANSA, bahkan selama penyaluran didampingi oleh beberapa guru pembina.

“Melalui kegiatan rutin tahunan ini sebagai bentuk penanaman karakter pada siswa agar terbiasa berbagi dengan orang-orang yang di kehidupannya kurang beruntung. Semoga di tahun berikutnya semakin banyak siswa berpartisipasi menyalurkan zakat fitrahnya ke sekolah, aamiin,” pungkasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment