Peduli Lingkungan, Babinsa Koramil Sapudi Kerja Bakti Bersihkan Sampah di Pantai Gayam

News, Sumenep128 Views

FALIHMEDIA.COM | SUMENEP – Menjaga kebersihan di wilayah pantai merupakan tanggung jawab seluruh elemen masyarakat. Karenanya, sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Babinsa Koramil 0827/20 Sapudi Koptu Budi Haryono mengajak warga melaksanakan kerjaa bakti membersihkan sampah di area pesisir pantai.

“Sebelumnya saya sempat melakukan pengecekan kondisi lingkungan pesisir pantai tepatnya di Desa Gayam ini, banyak sampah berserakan,” ujar Koptu Budi Haryono, Rabu (13/9/2023) kemarin.

Oleh karena itu, jelas Koptu Budi Haryono pihaknya berkoordinasi dengan pemerintah desa untuk membersihkan sampah disepanjang tepi pantai.

“Kami juga berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat, untuk mengajak warga melaksanakan kerja bakti membersihkan sampah yang merupakan sampah rumah tangga, maupun sampah yang terbawa arus,” jelasnya.

Melalui kerja bakti tersebut, ucap Koptu Budi Haryono selain menjaga kondisi lingkungan, juga secara tidak langsung untuk meningkatkan kepedulian dan rasa memiliki masyarakat dalam menjaga kebersihan di wilayahnya.

“Melalui adanya kerja bakti ini, masyarakat sangat antusias dan semangat dalam melaksanakan pembersihan sampah meskipun dengan menggunakan alat seadanya,” ucapnya.

“Terjadinya penumpukan sampah di sepanjang pesisir pantai diakibatkan beberapa faktor, di antaranya masih kurangnya kesadaran masyarakat dalam hal membuang sampah di sembarang tempat. Sebagian juga sampah yang dibawa arus gelombang masuk ke sepanjang pesisir pantai,” tandasnya.

Diakui pula jika sampah itu kebanyakan dari kemasan makanan dan minuman plastik. Untuk itu, dirinya terus mengingatkan masyarakat khususnya yang berada di pesisir pantai selalu menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah di pantai.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment