Siapkan JJU, Masyarakat Dusun Julung Lao’ Buat Perahu Pakisan dari Bambu

News, Sumenep119 Views

FALIHMEDIA.COM | GILIGENTING – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 78, Pemerintah Desa (Pemdes) Galis, Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep menggelar bermacam lomba, salah satunya Jalan Jalan Unik (JJU) yang di khususkan bagi masyarakat Desa Galis.

Lomba yang digelar sejak 15 Agustus 2023 kemarin, hingga 25 Agustus 2023 mendatang.

“Alhamdulillah sampai saat ini rangkaian berbagai lomba berjalan lancar, aman dan kondusif. Serta antusias masyarakat menjadi semangat bagi pemdes galis,” ucap Kepala Desa Galis, Akhmad Safri Wiarda kepada Falihmedia.com, Rabu (23/8/2023).

Sementara itu, masyarakat Dusun Julung Lao’ dalam rangka mengikuti JJU yang akan digelar pada 25 Agustus 2023 mendatang, membuat perahu pakisan yang terbuat dari bambu.

“Ini merupakan untuk memeriahkan HUT RI ke 78 yang digelar oleh Pemerintah Desa Galis,” ujar Ketua RT 005 Dusun Julung Lao’, Hasan Basri saat ditemui disela-sela pembuatan perahu pakisan.

Untuk bahannya sendiri, jelas Hasan terbuat dari bambu yang dibuat seperti perahu pakisan.

“Untuk panjangnya sendiri sekitar 500 cm dan menghabiskan 2 buah bambu,” jelasnya.

“Untuk biayanya sendiri menghabiskan Rp. 500.000,” lanjutnya.

Untuk pembuatannya sendiri, ujar Hasan membutuhkan selama empat hari sejak Senin dan diperkirakan selesai pada hari Kamis.

“Selain bambu kami juga membutuhkan kertas karton, lem kayu dan juga cat tembok warna merah putih,” pungkasnya.

Diketahui dalam pembuatan perahu pakisan tersebut warga dan Ketua RT 004, Tolina dan Ketua RT 005, Hasan Basri juga ikut berpartisipasi.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment