Perlu Diketahui, Ini adalah Penyebab dari Gangguan Kecemasan

FALIHMEDIA.COM – Gangguan kecemasan atau anxiety disorder adalah masalah kesehatan mental yang umum dan bisa dialami oleh siapa saja.

Namun, penyebab pastinya masih belum sepenuhnya diketahui. Berbagai faktor diperkirakan berperan, termasuk genetika, lingkungan, dan kondisi mental dan fisik seseorang.

Berikut faktor penyebab gangguan kecemasan yang perlu diketahui:

Genetika

Risiko terkena gangguan kecemasan mungkin lebih tinggi jika ada anggota keluarga yang memiliki kondisi ini. Penelitian telah menunjukkan bahwa genetika berperan dalam mengembangkan gangguan kecemasan.

Lingkungan

Pengalaman traumatis seperti kekerasan, pelecehan, atau bencana alam dapat memicu gangguan kecemasan pada beberapa orang. Selain itu, stres jangka panjang karena pekerjaan atau masalah pribadi dapat juga berkontribusi pada perkembangan gangguan kecemasan.

Kondisi Kesehatan Mental dan Fisik

Orang dengan kondisi kesehatan mental lain, seperti depresi, seringkali juga menderita gangguan kecemasan. Selain itu, kondisi kesehatan fisik tertentu, seperti masalah tiroid atau jantung, dapat memicu atau memperburuk gejala kecemasan.

Penting bagi siapa saja yang mengalami gejala kecemasan untuk mencari bantuan medis. Meskipun gangguan kecemasan dapat menjadi sangat mengganggu, pengobatan yang tepat, seperti terapi bicara, meditasi, olahraga teratur, dan makan sehat dapat membantu dalam mengelola gejala.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment