Idul Adha Tumbuhkan Solidaritas dan Gotong Royong Antar Masyarakat

  • Share
Foto: Pexels

FALIHMEDIA.COM – Masyarakat muslim di seluruh Dunia bersiap menyambut Hari Raya Idul Adha yang akan segera tiba pada tanggal 17 Juni 20214/ 1445 Hijriyah. Hari Raya Idul Adha Merupakan salah satu perayaan agung dalam agama Islam setalah Hari Raya Idul Fitri, Idul Adha dirayakan setiap tahun dalam bulan Dzulhijjah sebagai momen pengorbanan Nabi Ibrahim AS.

Dalam persiapan menyambut Hari Raya Idul Adha, masyarakat muslim secara tradisional mempersiapkan diri dengan semangat kebersamaan, gotong royong, dan solidaritas. Salah satu tradisi yang selalu dilakukan adalah pembagian daging kurban kepada yang membutuhkan, sebagai simbol dari pengorbanan Nabi Ibrahim AS.

Selain itu, dalam hal berkurban tidak semua orang bisa melaksanakan ibadah tersebut khususnya bagi mereka yang hidupnya kurang mampu, maka dari itu ada amalan-amalan bagi mereka yang tidak mampu berkurban.

Sebagaimana dilansir Falihmedia.com, Rabu (29/5/2024) dari laman Yatimmandiri.org, berikut amalan yang bisa dilakukan bagi orang yang tidak mampu berkurban:

Bertahmid dan bertasbih sebanyak 100 kali dalam sehari atau pada saat tanggal 10 Dzulhijjah.

Pahala yang dicatat bagi orang yang mengamalkan amalan ini adalah lebih baik dibandingkan dengan mampu mempersiapkan 100 ekor kuda pilihan untuk jihad di jalan Allah. Selain itu, lebih baik jika dibandingkan dengan 100 ekor unta yang dagingnya dibagikan kepada fakir miskin. Juga untuk pahala yang akan didapatkan layaknya mampu membebaskan 100 orang budak. Sangat disayangkan jika kaum muslimin meninggalkan amalan ini saat Hari Raya Idul Adha.

Adapun amalan lain yang bermanfaat jika kita tidak mampu melaksanakan kurban ialah seperti membantu hal-hal yang berkaitan dengan qurban. Amalan-amalan tersebut adalah sebagai berikut:

Membantu penyembelihan hewan qurban. Membantu membersihkan hewan qurban. Membantu mendistribusikan daging kurban yang telah disembelih kepada masyarakat. Mengolah daging kurban.

  Anda dapat menyiarkan ulang, menulis ulang, dan atau menyalin konten ini dengan mencantumkan sumber falihmedia.com

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *