Selain Santuni Anak Yatim, BAZNAS Sumenep Juga Miliki Kegiatan Lainnya

News, Sumenep107 Views
FALIHMEDIA.COM | SUMENEP – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sumenep, Madura, seperti tahun-tahun sebelumnya, kembali melakukan penyaluran sejumlah bantuan di tahun 2023 kepada masyarakat kurang mampu yang memenuhi kriteria untuk menerima bantuan.
 
Ketua BAZNAS Kabupaten Sumenep, M. Syukri mengatakan, sejumlah penyaluran bantuan yang dilakukan pihaknya sudah dilaksanakan sejak awal Ramadhan 1444 H yang diperoleh dari beberapa donatur di Kabupaten Sumenep, seperti dari ASN dan pihak perusahaan.
 
“Ada dari ASN yang digaji dari BPRS dan Bank Jatim, ada juga dari perusahaan yang ada pembagian zakat fitrah untuk karyawan dari perusahaan tempat mereka bekerja,” ucap M. Syukri, saat ditemui di ruang kerjanya di Kantor BAZNAS Sumenep, di Jl. DR. Cipto No.19, Gudang, Kolor, Kec. Kota Sumenep, Kamis (13/04/2023) kemarin.
 
Lalu, disinggung soal bagaimana alur penyalurannya, Syukri menjelaskan bahwa terdapat prosedur yang harus dipenuhi sebelum bantuan itu diberikan, baik atas nama instansi maupun per orangan, yaitu dengan membuat permohonan.
 
“Atas nama lembaga misalnya santunan anak yatim, maka akan kami fasilitasi,” tuturnya.
 
Beberapa bantuan lainnya yang juga diberikan BAZNAS Sumenep turut disampaikan Syukri bahwa memiliki space yang berbeda-beda. Seperti bantuan dalam bentuk perseorangan berupa ‘Rumah Sehat Idaman BAZNAS’ dan bantuan untuk penguatan modal usaha kecil.
 
“Mereka akan mendapatkan pengawasan dan juga pendampingan bagaimana agar usaha itu bisa berkembang,” lanjutnya.
 
Tak hanya itu, lanjut Syukri bantuan lainnya berupa bantuan non medis yang sifatnya pribadi turut diberikan oleh BAZNAS Sumenep agar mendapatkan pengobatan gratis dan bantuan berupa barang yang diberikan kepada para guru ngaji.
 
“Sudah ada 4 orang yang kamu bantu pengobatan ke RSUD di Surabaya. Sedangkan bantuan pada guru ngaji atau ustad di mushalla itu, kamu berharap agar kegiatan di mushalla bisa berjalan dengan baik,” lanjutnya.
 
Selain beberapa bantuan di atas, menurut Syukri ada 1 program permohonan yang baginya perlu ditindaklanjuti karena bantuan ini dikhususkan untuk para ‘Perempuan Kepala Keluarga’ (red. janda).
 
“Ini menarik sekali dan harus ditindaklanjuti agar perempuan ini bisa mempunyai kegiatan yang produktif, mislan dengan berjualan dan lainnya,” ucapnya.
 
Sedangkan dalam waktu dekat, yakni dari tanggal 17-20 April 2023 pihaknya akan menyalurkan zakat fitrah yang telah disalurkan oleh per seorangan dan lembaga beruba sembako.
 
“Kami targetkan 500 – 1000 paket, tapi kita akan lihat kemampuan dan pemasukan ke BAZNAS terlebih dahulu,” pungkasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment