Perkuat Kegiatan UMKM, Desa Galis Adakan Pelatihan Pembinaan dan Pemberdayaan Desa

Ekonomi, Sumenep, UMKM111 Views
FALIHMEDIA.COM | GILIGENTING – Dalam rangka meningkatkan taraf ekonomi masyarakat, Desa Galis menggelar pelatihan pembinaan dan pemberdayaan Desa, bertempat di aula Kantor Kepala Desa Galis, Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep. Selasa (27/12/2022) kemarin.
 
Kegiatan yang bertajuk “Desa Binaan Berbasis Eko Kreatif” di ikuti oleh ketua PPK bersama kader dan masyarakat pelaku UMKM.
 
Ketua PKK Desa Galis, HJ. Uni Al Firdausiah mengatakan bahwa kegiatan ini sukses terlaksana atas kerjasama dengan SKK Migas, Husky, Cnooc dan Madura Limited.
 
“Dari kegiatan ini ditargetkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menciptakan dan memperkuat kegiatan UMKM atau ekonomi kreatif, serta menciptakan lapangan usaha baru untuk masyarakat,” katanya.
 
Kegiatan ini, jelas Firdausiah juga memberikan manfaat bagi masyarakat dan juga dapat menciptakan kemandirian ekonomi masyarakat secara berkelanjutan.
 
“Program pelatihan UMKM ini termasuk salah satu program SKK Migas yang kemarin diusulkan lewat Prajasmas dan Jasmas dengan tujuan pengentasan kemiskinan,” jelas Firdausiah.
 
Untuk pelatihan hari ini, ujar Firdausiah mencakup pelatihan pembuatan kerupuk ikan serta pemberian bantuan peralatan bagi masyarakat pelaku UMKM.
 
“Untuk pelatihan kemarin tidak hanya melakukan pelatihan pembuatan kerupuk ikan, juga menyerahkan bantuan alat berupa kompor dan tabung gas kepada masyarakat pelaku UMKM yang ikut hadir kemarin,” ujarnya.
 
Untuk saat ini, lanjut Firdausia masyarakat pelaku UMKM se-Desa Galis baru tercover 10 orang dan ini akan terus bertahap.
 
“Dengan adanya kegiatan pelatihan seperti ini, peserta khususnya kader PKK bisa menambah wawasan ilmu dan tentunya akan lebih kreatif kedepannya,” pungkasnya.
 
(Rif)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment