NASA Ciptakan Oksigen Buatan Untuk Eksperimen Pendaratan di Planet Mars

Sains145 Views

FALIHMEDIA.COM – Sebuah kotak bernama MOXIE yang dikembangkan Perserverance milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) berhasil menghasilkan oksigen dari udara planet Mars.

Pengembangan teknologi ini sudah dilakukan sejak 2021 lalu. Saat ini kotak tersebut telah menghasilkan oksigen sebanyak 122 gram, jumlah yang cukup untuk menyuplai kebutuhan napas anjing kecil selama 10 jam.

Dikutip dari IFL Science pada Selasa (12/9/2023) kemarin, MOXIE yang merupakan kependekan dari Mars Oxygen In Situ Resource Utilization Experiment disematkan pada wahana Perseverance sejak Februari 2021.

Sejak saat itu kotak seukuran koper tersebut telah menghasilkan oksigen untuk yang ke 16 kalinya dan yang terakhir kalinya di atas kendaraan penjelajah Perseverance milik NASA.

Produksi oksigen tersebut membuat alat ini terbukti jauh lebih sukses daripada yang diperkirakan oleh para penciptanya di Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Dilansir dari NASA, “Performa MOXIE yang mengesankan menunjukkan bahwa mengekstraksi oksigen dari atmosfer Mars adalah hal yang mungkin dilakukan oksigen yang dapat membantu memasok udara yang dapat dihirup atau bahan bakar roket untuk astronot di masa depan,” ujar Wakil Administrator NASA, Pam Melroy.

“Mengembangkan teknologi yang memungkinkan kita menggunakan sumber daya di Bulan dan Mars sangat penting untuk membangun kehadiran di Bulan dalam jangka panjang, menciptakan ekonomi Bulan yang kuat dan memungkinkan kita untuk mendukung kampanye eksplorasi manusia ke Mars,” tambahnya.

MOXIE total telah menghasilkan total 122 gram oksigen yang kira-kira setara dengan yang dihirup seekor anjing kecil dalam 10 jam. Pada periode paling efisiensinya, MOXIE mampu menghasilkan 12 gram oksigen per jam dengan tingkat kemurnian 98 persen atau lebih baik. Hasil ini dua kali lebih banyak dari target awal NASA untuk instrumen tersebut.

Pada penerbangan ke 16 pada 7 Agustus yang menjadi penerbangan terakhir MOXIE, instrumen ini menghasilkan 9,8 gram oksigen. MOXIE berhasil menyelesaikan semua persyaratan teknisnya dan dioperasikan dalam berbagai kondisi selama setahun penuh di Mars, sehingga para pengembang.

MOXIE berhasil menyelesaikan semua persyaratan teknisnya dan dioperasikan dalam berbagai kondisi selama setahun penuh di Mars, sehingga para pengembang instrumen ini bisa belajar banyak tentang teknologi ini.

“Dengan membuktikan teknologi ini dalam kondisi dunia nyata kita telah selangkah lebih dekat ke masa depan di mana para astronot hidup dari tanah di Planet Merah,” imbuhnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment