Khasiyat dan Keutamaan Dibalik Sayyidul Istigfar

Budaya, SosBud61 Views

FalihMedia – Umat Islam dianjurkan untuk selalu membaca Sayyidul Istighfar untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. Ini berarti bahwa orang selalu mengakui kelemahan mereka dan mencari rahmat hanya dari Allah dan tidak ada yang lain.

Seperti biasa, bacaan Istighfar adalah Astaghfirullah. Namun selain itu ada Istighfar mutlak atau utama yaitu Sayyidul Istighfar. Pasalnya, kandungan ayat-ayat di dalamnya memiliki banyak manfaat yang tidak diketahui orang.


اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ. أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ. أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ. وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ. فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ
Artinya: Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, Tidak ada sesembahan yang haq kecuali Engkau, Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku diatas ikatan janji -Mu dan akan menjalankannya dengan semampuku, aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada Mu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau (HR. Bukhari No. 6306).
Dari firman Allah di atas, Anda harus tahu bahwa manfaat membaca Sayyidul Istighfar sangat banyak. Berikut adalah beberapa manfaat dari Syedul Istighfar:
Pergi ke surga
Dalam kelanjutan dari hadits yang dijelaskan di atas, Nabi (saw) bersabda:
Artinya: Barangsiapa mengucapkannya pada siang hari dan meyakininya, lalu dia mati pada hari itu sebelum waktu petang, maka dia termasuk penghuni syurga. Dan barangsiapa mengucapkannya pada malam hari dalam keadaan meyakininya, lalu dia mati sebelum waktu pagi, maka dia termasuk penghuni surga.
Ya, surga dijanjikan bagi mereka yang membaca Sayyidul Istighfar ini siang dan malam.
Dosa yang diampuni
Istighfar adalah bacaan mengharap Allah SWT mengampuni dosa-dosanya atas khilaf dan khilaf. Bacaan ini menunjukkan betapa kecilnya Anda di hadapan Tuhan. Sebagai manusia, Anda adalah tempat kesalahan dan kesalahan.
Maka bacalah dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari agar di kemudian hari dosa-dosa yang lalu dapat diampuni.
Jenis-jenis syukur atas nikmat Allah
Dalam bacaan Sayyidul Istighfar juga terdapat pengakuan atas nikmat yang Allah SWT berikan kepada Anda. Dengan membaca dan mengamalkannya, manusia memuji Allah (swt).
Dicintai oleh Allah
Allah berfirman:
Artinya: Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai orang-orang yang mensucikan diri (QS.al-Baqarah: 222).
Allah SWT menyukai orang-orang yang berdoa dan meminta belas kasihan. Karena mengandung makna bahwa manusia ingin menjadi lebih baik. Dia mengakui kesalahan yang dilakukan, berharap tidak mengulanginya.
Mencegah kerusakan
Firman Allah SWT:
Artinya: Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun (QS. Al Anfal: 33).
Perilaku baik dari orang yang mencari rahmat dari Allah SWT akan terhindar dari azab Allah. Karena Allah tidak menghukum umat-Nya yang bertobat dan meminta belas kasihan.
Memfasilitasi Rezeki
Dalam sebuah hadis, Rasulullah bersabda:
Artinya: Sesungguhnya seorang hamba boleh tertahan rezekinya karana dosa yang dilakukannya (HR. Ahmad, Ibnu Hibban dan Ibnu Majah).
Dosa yang Anda lakukan dapat menghambat kesuksesan pekerjaan Anda. Alhasil, kami berharap dengan membaca dan memohon ampunan Allah, kesalahan yang telah Anda lakukan bisa terhapus.
Membersihkan hati
Salah satu manfaat Sayyidul Istighfar adalah mensucikan hati. Banyak hal yang bisa membuat hatimu kotor. Dengan membaca dan mengamalkannya, diharapkan hati menjadi suci.
Rasulullah bersabda:
Artinya: Apabila seorang mukmin melakukan suatu dosa, maka tercoretlah noda hitam di hatinya. Apabila ia bertaubat, meninggalkannya dan beristighfar, maka bersihlah hatinya (HR. Nasa’i, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Tirmidzi).
Kedamaian batin
Istighfar merupakan bentuk pengakuan atas segala dosa dan kesalahan yang telah dilakukan. Pikiranmu dapat ditenangkan hanya dengan memohon ampunan-Nya.
Nah itulah keistimewaan Sayyidul Istighfa, maka membaca Sayyidul Istighfar itu penting dan harus anda biasakan setiap hari, anda akan menjadi orang yang beruntung karena Allah SWT telah mengampuni dosa-dosa anda.
Namun tentunya manfaat membaca Sayyidul Istighfar akan lebih besar jika dilandasi dengan ketakwaan yang tulus kepada Allah SWT.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment