Kapal Yacht Canace Berbendera Finlandia Terhanyut di Perairan Sumenep

FALIHMEDIA.COM | SUMENEP – Kapal Yacht Canace berbendera Finlandia tersebut mengalami mesin mati dan juga terhanyut dari perairan Bawean hingga Pantura Kabupaten Sumenep, Minggu (29/1/2023) kemarin.
 
Kasi Humas Polres Sumenep AKP Widiarti menjelaskan bahwa terdapat Kapal Yacht Canace berbendera Finlandia yang diawaki oleh 2 orang warga negara Finlandia mengalami mati mesin dari perairan Pulau Bawean Kabupaten Gresik hingga terhanyut ke Perairan utara Madura Kabupaten Sumenep.
 
“Kami mendapatkan informasi dari Basarnas pada Minggu sekitar pukul 12.55 Wib tentang adanya kapal berbendera Finlandia diperairan utara Kabupaten Sumenep, dan Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. 2 orang awak kapal sudah berhasil kami selamatkan. Dan kapal sudah bersandar di Kalianget,” ungkap AKP Widi.
 
Diketahui awak kapal tersebut adalah Hanna Maria Niemi asal Finlandia dan Veikko Hautanen asal Finlandia.
 
Dari keterangan yang berhasil di himpun, pada Jumat (27/1/2023) Kapal Yacht Canace berbendera Finlandia tersebut mengalami mati mesin di Perairan Pulau Bawean Kabupaten Gresik.
 
Kemudian pada Sabtu (28/1/2023) sekira pukul 07.00 Wib KN. SAR Permadi melakukan pertolongan dengan cara Towing di timur Pulau Bawean namun gagal karena cuaca yang kurang bersahabat.
 
Selanjutnya pada Minggu (29/1/2023) Kapal Yacht Canace tersebut terombang-ambing hingga ke Perairan Pantura Madura dan berusaha tetap berkomunikasi dengan Kansar Surabaya setiap 2 jam sekali dengan telepon Satelit untuk menginformasikan keberadaan kapal serta berusaha membentangkan layar kapal agar bisa mencapai daratan di wilayah perairan Sumenep namun tetap gagal karena minimnya hembusan angin.
 
“Pada Minggu siang Basarnas Sumenep menginfokan kepada Satpolairud Polres Sumenep sehingga Personel Sat Airud melakukan pemetaan perairan Pantura Sumenep dan minta bantuan komunikasi sebar luas info tersebut kepada komunitas atau jaringan nelayan untuk monitoring kapal Yacht dikarenakan posisi Kapal tersebut berada di koordinat 6° 29′ 32.73” S – 114° 23′ 35.51” E atau 33 mill laut sebelah utara dari daratan Pulau Giliyang Kec. Dungkek Kab. Sumenep,” jelas Humas.
 
Dan sekitar pukul 14.10 Wib KN. SAR Permadi berhasil menemukan Kapal Yacht tersebut dan langsung melakukan Towing menuju Pelabuhan Kalianget Sumenep. Dalam perjalanan ternyata bertemu KRI Sultan Iskandar Muda dan dari situ dilakukan pengawalan.
 
Kini Kapal Yacht Canace beserta awak kapal sudah bersandar di Pelabuhan PT. Garam Kalianget, Kabupaten Sumenep dalam keadaan aman dan sehat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment