Kapal Putra Putri Tenggelam di Pelabuhan Rakyat Gersik Putih Sumenep

FALIHMEDIA.COM | SUMENEP – Kapal layar motor (KLM) Putra Putri tenggelam di pelabuhan rakyat Gersik Putih, Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.
 
“Itu jenis kapal niaga (barang), dilaporkan kapal tenggelam pukul 10.30 WIB (21/3/2023),” terang Kasi Humas Polres Sumenep AKP Widiarti S, Rabu (22/3/2023) Kemarin.
 
Kapal yang dinahkodai H. Tolak (60) warga Sapudi, Kabupaten Sumenep itu bermuatan 7.800 buah tabung LPG dan 1 ton sembako. Awalnya, pada pukul 03.00 WIB, air mulai surut hingga posisi kapal kandas.
 
“Lalu, kapal yang kandas itu miring ke sisi kanan,” terangnya.
 
Saat air laut pasang pada pukul 06.00 WIB, kapal tidak bisa mengapung kembali karena sudah penuh dengan muatan, sehingga menyebabkan air masuk melalui pipa pembuangan ke ruang mesin dan palka kapal.
 
Pihak nahkoda dan anak buah kapal (ABK) melakukan tindakan penyedotan air dengan menggunakan 3 mesin alkon (penyedot), namun tidak berhasil.
 
“Kapal akhirnya tenggelam,” katanya.
 
Pada peristiwa tenggelamnya kapal milik H. Fatah (50) warga Desa Kolor, Kecamatan Kota Sumenep ini tidak menelan korban jiwa. Kru kapal, Hamsura (58) dan Matrais, keduanya warga Sapudi Sumenep dalam keadaan selamat.
 
“Kerugian ditaksir mencapai Rp. 250 juta,” tandasnya.
 
Sat Polairud Polres Sumenep dan Ditpolairud Polda Jatim sedang melakukan penanganan atas tenggelamnya kapal yang memiliki gross tonnage (GT) 55.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment