Hal yang Terjadi Jika Malas Cuci Muka Sebelum Tidur


FALIHMEDIA.COM – Melakukan aktivitas seharian membuat wajah rentan terkena polusi, sinar ultraviolet, debu dan lain sebagainya.

Sehingga jika tidak dibersihkan atau dirawat maka akan menimbulkan beberapa masalah kulit wajah. Seperti jerawat, warna kulit tidak rata dan kulit wajah kasar.

Kebiasaan untuk membersihkan wajah biasanya dilakukan malam hari sebelum tidur. Hal ini memiliki banyak manfaat jika dilakukan secara teratur.

Kulit Menjadi Kotor
Manfaat utama dari pembersihan wajah adalah menghilangkan kotoran, minyak, sisa-sisa makeup yang tidak diinginkan.

Sepanjang hari kulit di wajah secara terus menerus ditutupi oleh bakteri, polutan, virus, kotoran, dan sel-sel mati.

Mencuci wajah setiap hari dapat menghilangkan kotoran untuk memberikan tampilan kulit yang lebih segar.

Tanpa mencuci wajah, kulit akan ditutupi dengan lapisan tanah dan kotoran yang tebal sehingga menyulitkan produk lain untuk menembus kulit dengan benar dan tidak maksimal dalam memberikan perawatan.

Kurangnya Sebum Pelapis
Kulit Kelenjar kecil di bawah kulit menghasilkan minyak yang disebut sebum untuk melindungi kulit dari polusi dan kotoran.

Kelenjar ini menggunakan folikel rambut di dalam kulit sebagai jalur untuk mencapai lapisan luar yang mencegah masuknya bakteri atau zat berbahaya lainnya.

Kotoran berlebih yang menumpuk di permukaan dapat menyebabkan penyumbatan folikel, menjebak sebum, berkeringat, dan sel-sel kulit mati.

Kurangnya sebum pada permukaan kulit memungkinkan bakteri menembus fokilel yang menyebabkan peradangan dan menimbulkan jerawat.

Membersihkan kulit yang tepat dapat membantu mencegah penumpukan kotoran, memungkinkan minyak sebum untuk mencapai permukaan kulit tanpa halangan sehingga dapat membantu menghalangi bakteri masuk kedalam kulit.

Penumpukan Minyak dan Timbul Jerawat
Memiliki kulit yang rentan dengan jerawat dan ditambah dengan tidak mencuci wajah sebelum tidur membuat kondisi kulit menjadi semakin buruk.

Semua kotoran dan minyak dapat menumpuk yang hasilnya akan menyebabkan lebih banyak jerawat muncul dan menyumbat pori-pori wajah.

Bahkan jika bukan seseorang yang rentan terhadap jerawat, akan menyadari bahwa tidak mencuci wajah pada akhirnya akan menyebabkan jerawat menjadi mulai bermunculan.

Untuk menghindarinya, mulailah terbiasa untuk mencuci wajah dengan pembersih wajah atau sabun pencuci wajah.

Jika memiliki kulit yang sensitif atau memiliki jerawat, gunakan pembersih wajah yang tidak memiliki kandungan alkohol dan hindari penggunaan scrub berukuran besar.

Pilih pembersih dan sabun pencuci wajah yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat.

Penuaan Dini pada Kulit
Ketika beraktivitas dari pagi hingga malam menggunakan makeup, dan tidak mencucinya sebelum tidur. akan membiarkan semua makeup, kotoran, dan minyak menumpuk pada wajah.

Hal ini juga yang menyebabkan kemampuan kulit untuk memperbaharui menjadi terhambat.

Semua kebiasaan ini dapat menyebabkan kulit menjadi terlihat menua. Kulit yang menua seperti kerutan dan bintik-bintik noda hitam akan mulai bermunculan.

Untuk menghindarinya masalah kulit ini, harus rutin untuk membersihkan wajah sebelum tidur, gunakan sabun cuci wajah dengan hasil mencerahkan wajah agar kulit lebih cerah dan mencegah penuaan dini.

Kulit Wajah Menjadi Kering
Kulit secara konsisten akan membutuhkan kelembaban yang cukup. Mencuci wajah bukan hanya untuk menghilangkan kotoran dan minyak dari wajah , tetapi juga untuk mencegahnya menjadi kering.

Menggunakan pelembab mungkin merupakan kunci untuk membuat kulit menjadi lembab, tetapi sebelum menggunakan pelembab, harus mulai dengan membersihkan kulit .

Karena kotoran dan minyak akan menghalangi pelembab masuk ke dalam pori-pori.

Pastikan mencuci wajah dengan benar sebelum melanjutkannya untuk menggunakan pelembab pada waktu malam hari sebelum tidur atau pagi hari sebelum menggunakan makeup.

Kulit Wajah Menjadi Berminyak
Jenis kulit setiap orang masing-masing berbeda. Jika kulit kering dapat terjadi ketika malas mencuci muka, hal ini juga berlaku untuk yang memiliki kulit berminyak.

Penumpukan sel-sel kulit dapat menyebabkan kulit tampak berminyak.

Masalah lain dari penumpukan minyak yaitu dengan muncul banyaknya komedo dan tumbuh jerawat. dapat menggunakan sabun pencuci wajah yang bebas minyak untuk memebersihkan wajah dan menjaga kulit agar tetap bersih.

Pori-pori Wajah Membesar
Semua kotoran seperti minyak berlebih dan sel-sel kulit mati akibat polusi udara atau makeup akan menyebabkan pori-pori menjadi tersumbat. Hal ini yang membuat pori-pori menjadi lebih besar dari biasanya.

Mulai rutinitas perawatan kulit dan akan menyingkirkan semua bakteri yang menyumbat pori-pori wajah. Jika masih terlihat, dapat melakukan perawatan wajah dari waktu ke waktu untuk menjaga kulit tetap bersih.

Kulit Menjadi Kusam
Ketika kamu tidak menghapus makeup dan membiarkannya untuk jangka waktu yang lama, khususnya kamu tidur pada malam hari. Kamu mencegah kulit melakukan perbaikan sendiri yang seharusnya dapatkan.

Selain itu, kulit akan mulai kehilangan kilau, tampak kusam, dan abu-abu. Jadi selalu hapus makeup kamu sebelum tidur nyenyak pada malam hari.

Setelah itu gunakan sabun pencuci wajah untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Melewatkan kebiasaan mencuci wajah pada malam hari menghentikan untuk mendapatkan kulit yang jernih dan sehat, bahkan bisa mendapatkan lebih banyak masalah kulit.

Bakteri Menempel di Sarung Bantal
Setelah beraktifitas secara tidak sadar, wajah yang menggunakan makeup dan terkena polusi akan menempel ke bagian bantal.

Sehingga bakteri, kotoran, dan minyak yang ada di wajah akan menempel di bantal. Walaupun setelah mencuci wajah, saat ingin tidur dengan menempelkan lagi di bantal, wajah akan kembali kotor.

Agar menghindari ini, hindari langsung menempelkan atau mengusap wajah ke bantal saat pulang beraktifitas sebelum membersihkan makeup dan mencuci wajah.

Dianjurkan juga untuk mengganti sarung bantal setiap 3 hari sekali agar bakteri tidak menumpuk di bantal.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment