Berhasil Tingkatkan Produktivitas, Kelompok Tani Galis Jaya Kembangkan Hand Traktor

Ekonomi53 Views

FALIHMEDIA.COM | GALIS – Kelompok tani Galis Jaya Dusun Julung Lao’, Desa Galis, Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep berhasil meningkatkan produktivitas kelompok dalam mengandakan alat bajak tanah hand traktor.

Pasalnya kelompok tani Galis Jaya mendapat bantuan 1 unit hand traktor dari Medco Energi Madura Offshore Company melalui Jaringan Aspirasi Masyarakat (Jasmas) pada tahun 2019 lalu.

“Alhamdulillah, sebelum mengandakan hand traktor kami membuat gerobak untuk mengangkut roda hand traktor,” kata ketua kelompok tani Galis Jaya Asnabi saat ditemui dirumahnya pada Sabtu (3/6/2023).

Untuk biayanya sendiri, jelas Asnabi menggunakan uang kas dari hasil hand traktor.

“Untuk pembuatan gerobak sendiri menghabiskan dana sebesar Rp. 4.000.000,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Asnabi dalam pengembangannya sendiri tidak hanya menghandalkan hasil dari hand traktor.

“Masuknya uang kas tidak hanya dari hasil hand traktor, melainkan juga hasil dari uang kas kelompok yang setiap minggu digelar,” ucapnya.

Di singgung mengenai pendapaan uang kas kelompok, Asnabi mengatakan tidak tentu, dalam satu putaran kelompok kadang mendapatkan Rp. 200.000 sampai Rp. 600.000.

“Untuk pendapatan hand traktor setiap lahan kami hanya mengambil Rp. 50.000 untuk kas, Rp. 400.000 untuk dua orang yang memperkerjakan dan sisanya untuk bahan bakar,” katanya.

“Alhamdulillah, dari hasil tersebut dikumpulkan dan pada tahun 2022 lalu kami kembangkan dengan membeli hand traktor lagi lengkap dengan gerobaknya seharga Rp. 23.000.000, hand traktor sebesar 20.000.000 dan pembuatan gerobaknya Rp. 3.000.000,” pungkasnya.

Di ketaui jumlah kelompok tani Galis Jaya sekitar 23 orang, yang melakukan kegiatan setiap hari Jumat yang dikemas dengan tahlil bersama. (FAlih Media)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment