Sering Pencet Jerawat? Berhenti Mulai Sekarang Agar Tak berakibat Fatal


FALIHMEDIA.COM – Jerawat menjadi masalah kulit yang sering dialami dan dikhawatirkan oleh banyak orang. Ketika jerawat muncul, insting untuk segera memencetnya seringkali sulit untuk ditahan. Namun, tahukah kamu bahwa memencet jerawat sembarangan dapat berdampak lebih dari sekadar menghilangkan jerawat itu sendiri?

Mungkin memencet jerawat adalah hal sepele, tapi ternyata dapat menyebabkan masalah yang lebih serius bagi kesehatan kulit wajah. Terdapat beberapa alasan penting mengapa kamu sebaiknya menghindari kebiasaan memencet jerawat dengan sembarangan.

Jerawat menjadi infeksi sehingga kondisi menjadi lebih parah
Ketika memencet jerawat, biasanya akan ada luka yang terbuka. Lalu bakteri tangan akan berpindah dan menginfeksi luka yang terbuka.. Inilah mengapa sangat dilarang untuk sering memencet jerawat antara lain risiko infeksi yang menyebabkan kondisi jerawat menjadi semakin parah.

Selain itu, tekanan saat memencet jerawat akan menyebabkan kerusakan jaringan pada kulit. Hal ini tentu akan memperburuk kondisi jerawat yang akan semakin meradang.

Penyebaran bakteri
Ketika kita memencet jerawat, bakteri dan kotoran yang ada di tangan bisa saja masuk ke dalam pori-pori yang terbuka akibat penekanan. Hal ini dapat menyebabkan infeksi bakteri lebih lanjut dan munculnya lebih banyak jerawat di area sekitarnya.

Berisiko menyebabkan jerawat baru
Jangan kira setelah memencet jerawat makan satu masalah jerawat akan teratasi. Sering memencet jerawat justru dapat menyebabkan munculnya jerawat yang baru.

Penyebab terjadinya ini antara lain kondisi tangan yang tidak higienis saat menyentuh kulit menyebabkan kuman dan bakteri menginfeksi jaringan kulit yang lainnya. Kondisi kulit yang kotor akan menyebabkan munculnya jerawat yang baru.

Memperparah peradangan
Peradangan bakal kian runyam. Sebab saat memencet jerawat, seluruh tekanan dan kekuatan itu mengakibatkan kerusakan pada kulit Anda. Kalau tak tepat, kadang-kadang ini memperburuk peradangan dan membuat jerawat tampak lebih besar.

Peradangan bakal kian runyam
Sebab saat memencet jerawat, seluruh tekanan dan kekuatan itu mengakibatkan kerusakan pada kulit Anda. Kalau tak tepat, kadang-kadang ini memperburuk peradangan dan membuat jerawat tampak lebih besar.

Jadi, itu dia 5 bahaya yang dapat timbul akibat memencet jerawat. Memencet atau mengekstrasi jerawat hanya boleh dilakukan oleh dokter spesialis kulit agar terhindar dari risiko di atas.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment