Resep Perkedel Jagung Tips Sederhana Agar Renyah, Empuk, dan Gurih

Food64 Views

FALIHMEDIA.COM – Cara mudah mengolah jagung manis, resep perkedel jagung goreng yang enak dan praktis dengan perpaduan sensasi renyah, gurih dan juga empuk ini membuat menu makan sederhana menjadi semakin sedap untuk dinikmati.

Perkedel atau bakwan jagung termasuk makanan favorit di banyak belahan daerah nusantara, sehingga sangat banyak sekali macam variasinya, seperti perkedel jagung ala Manado, Padang panjang dan lainnya dengan ciri khas versinya masing-masing.

Versi rumahan sederhana, selain perkedel jagung parut, dipipil utuh, maupun tumbuk atau blender halus, tips jagung manis yang ditumbuk kasar (geprek setengah hancur) juga memberikan sensasi berbeda, yaitu perpaduan perkedel jagung yang cukup empuk dan juga tetap renyah krenyes, serta tidak beresiko meletus saat digoreng dalam minyak panas dibandingkan dengan jagung yang dipipil utuh.

Perkedel jagung biasa dihidangkan sebagai menu pelengkap teman nasi putih bersama aneka sayur maupun menu makan lainnya. Selain itu, perkedel yang renyah dan gurih ini juga enak dicemil langsung dan semakin mantap juga jika dicocol sambal.

Bahan dan Bumbu Perkedel Jagung:
500 gram jagung manis (kurang lebih 3 buah ukuran agak kecil), lalu pipil

60 gram tepung terigu

1 butir telur ayam

½ sdt garam

½ sdt bumbu penyedap

Secukupnya minyak goreng

Bumbu iris tipis:
3 butir bawang merah

3 siung bawang putih

2 buah cabe merah besar, iris serong

1 batang daun bawang

Cara Membuat Perkedel Jagung:
Pipil jagung, kemudian ditumbuk kasar atau geprek-geprek menggunakan ulekan.

Selanjutnya campur dan aduk rata dengan semua bahan lainnya termasuk bumbu iris. Setelah adonan rata, perkedel pun siap untuk digoreng.

Karena penggunaan tepung terigu yang tidak banyak, maka tak perlu menambahkan air, adonan sudah cukup basah dari telur.

Ambil 1 sendok makan adonan, tuang dalam wajan berisi minyak panas, sedikit dilebarin agar mudah matang merata atau bentuk sesuai selera, kemudian goreng hingga berwarna kuning keemasan.

Angkat perkedel jagung sambil tiriskan dari minyak, lalu sajikan bersama menu makan lainnya.

Perkedel jagung bisa dibentuk sesuai selera, sedangkan untuk membuat bentuk dadar seperti dalam resep kali ini, maka adonan dapat ditata di sisi/pinggiran wajan terlebih dahulu sambil dirapihkan dengan sendok, kemudian siram-sirami dengan minyak.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment