Resep Buko Pandan Segar Wangi Khas Filipina

Food122 Views

FALIHMEDIA.COM – Buka puasa dengan resep buko pandan khas Filipina ini bisa menjadi pilihan favorit keluarga. Cita rasanya yang benar-benar enak creamy berpadu aroma wangi pandan dan sangat segar disantap dalam keadaan dingin kulkas maupun ditambahkan es batu.

Agar kita bisa membuat filipino coconut pandan dessert ini sendiri di rumah, berikut adalah cara mudah membuat buko pandan dengan bahan sederhana yang bisa tanpa all purpose cream ataupun susu evaporated jika kebetulan susah didapat.

Kreasi es kelapa muda aroma pandan dengan kuah susu keju, beserta pelengkap penyajiannya yang tentunya bisa kita modifikasikan lagi sesuai selera, telah menjadi menu dessert favorit keluarga di rumah.

Bahan Buko Pandan:
1 buah kelapa muda, kerok dagingnya

1 bungkus agar-agar plain

1 bungkus (210 gram) sari kelapa nata de coco

15 lembar daun pandan blender dengan 300 ml air

1000 ml susu uht ultramilk atau gunakan susu evaporasi

Susu kental manis secukupnya

Keju parut sesuai selera

Bisa juga tambahkan sagu mutiara

Cara Membuat Buko Pandan:
Blender 15 lembar daun pandan bersama 300 ml air setelah itu saring. Hasil blenderan pandan bisa langsung dipakai untuk memberikan aroma, rasa dan mempengaruhi warna pada kuah, namun karena masih bercampur air maka takaran penggunaannya lebih banyak.

Cara Membuat Ekstrak Pasta Pandan:
Nah sekalian berbagi tips cara sederhana atau tips membuat ekstrak pandan sendiri di rumah, kita bisa simpan dalam wadah atau gelas maupun bungkus plastik dan berdirikan pada sebuah gelas (bagian runcing di bawah) lalu masukkan dalam kulkas, biarkan seharian atau lebih sampai ada endapan pasta pandan di bagian bawah yang berwarna pekat.

Air kelapa muda bisa kita gunakan untuk campuran agar-agar bubuk, aduk rata serta beri pasta pandan tadi secukupnya. Rebus hingga mendidih sambil terus diaduk, tuang dalam wadah dan biarkan mengeras.

Resep Buko Pandan:
Potong-potong agar-agar yang sudah mengeras, sebagaian dipotong dadu dan sebagain lainnya diserut atau potong memanjang.

Es Buko Pandan:
Siapkan wadah lalu tuangkan susu, daging kelapa muda, nata de coco tanpa airnya, potongan agar-agar, aduk rata. Tambahkan susu kental manis dan pasta pandan secukupnya serta parutan keju lalu aduk rata kembali. Simpan dalam kulkas dan buko pandan lebih segar disantap dalam keadaan dingin.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment