Perkuat UKS/M, Kesra Setda Sumenep Gelar Sosialisasi di Giligenting

FALIHMEDIA.COM | GILIGENTING – Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (SetDa) Kabupaten Sumenep lakukan sosialisasi program Usaha Kesehatan Sekolah Madrasah (UKS/M), di Lembaga Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Hasan, Desa Gedugan, Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep. Sabtu (03/12/2022).

Hadir dalam kegiatan sosialisasi UKS/M tersebut, Kabag Kesra Setda dan TIM, unsur Kemenag, Dinas Pendidikan, Pengawas Madrasah, Sekretaris Kecamatan, perwakilan Puskesmas Giligenting, Siswa dan Dewan Guru MTs Al-Hasan.

Kabag Kesra Setda Kabupaten Sumenep Kamiluddin, S.Pd.I menjelaskan, kegiatan ini bertujuan agar pembina UKS dapat memahami dan menerapkan pengelolaan UKS kepada peserta didik dengan lebih optimal.

“UKS/M merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan pemanfaatan fasilitas kesehatan di madrasah secara baik, sekarang dengan adanya UKS/M di sekolah ini harus bisa memberikan pelayanan kesehatan terhadap siswa-siswi disini,” jelasnya.

Pengurus UKS/M, lanjut Kamiludin harus benar-benar aktif dalam mengantisipasi hal terjadinya gejala penyakit untuk itulah perlu dilakukan koordinasi dengan pihak kesehatan dalam hal ini Puskesmas Giligenting.

“Lakukan koordinasi dengan pihak Puskesmas jika darurat, tapi berdayakan dulu fasilitas kesehatan yang ada di sekolah atau madrasah agar ada penanganan pertama pada siswa yang sakit,” lanjutnya.

Kamiludin juga menyampaikan, bahwa program UKS ini dimaksudkan untuk mengajarkan pola hidup sehat kepada siswa. Dan secara langsung berupaya meningkatkan derajat kesehatan peserta didik dalam bidang kesehatan.

“Tujuan UKS/M ada dua, yaitu secara umum dan khusus, secara umum untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik melalui peningkatan derajat kesehatan, sedangkan secara khusus dapat menciptakan lingkungan kehidupan sekolah atau madrasah yang sehat, meningkatkan pengetahuan, mengubah sikap, membentuk perilaku masyarakat sekolah atau madrasah yang sehat, memelihara kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan masyarakat sekolah atau madrasah,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala MTs Al-Hasan, Hanafi, S. Pd. I mengucapkan terimakasih kepada Pemkab melalui Kesra Setda Kabupaten Sumenep dan juga tim sosialisasi dan UKS/M yang telah memberikan perhatian dan kepedulian terhadap lembaga.

“Saya mewakili lembaga MTs A-Hasan mengucapkan terimakasih yang tak terhingga atas upaya yang dilakukan oleh Kesra Setda Kabupaten Sumenep untuk memberikan pembinaan UKS/M kepada warga madrasah termasuk anak didik dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan dilingkungan madrasah,” tandasnya.

Pembinaan dan pengembangan UKS/M diatur dalam Peraturan Bersama antara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Kesehatan, Menteri Agama, dan Menteri Dalam Negeri, Nomor : 6/X/PB/2014, Nomor : 73 TAHUN 2014, Nomor : 41 TAHUN 2014, Nomor : 81 TAHUN 2014 tentang Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kesehatan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment