Kwarcab Sumenep Upgrading Fitur Baru SIPA pada Administrator Gudep Gerakan Pramuka se-Giligenting

FALIHMEDIA.COM | GILIGENTING – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kwarcab) Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur terus berupaya agar seluruh anggota Gerakan Pramuka di Kwarcab Kabupaten Sumenep ini terdata secara sistematis dengan mengembangkan Sistem Informasi Pengelolaan Anggota (SIPA).

Acara Upgrading Fitur Baru SIPA yang bertempat di Pendopo Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep di hadiri oleh Staf Admin Kwarcab dan 7 lembaga yang ada di Giligenting yang juga sebagai pembina pramuka serta bertema “Administrator di Gugus Depan se-Giligenting.

“Materi upgrading mencakup bagaimana pengelolaan SIPA di Gugus Depan masing-masing lembaga, cara Upload Data anggota, membuat kegiatan beserta laporannya, materi  pokok tersebut  dibahas bersama dengan peserta yang hadir pada kegiatan upgrading,” jelas Narasumber Kwarcab Gerakan Pramuka Sumenep, Abdurrahman Hamdani, Sabtu (9/3/2024).

“Kita harus segera meningkatkan input data anggota dan selanjutnya menuju ke pengelolaan anggota,  untuk itu diharapkan pada peserta bisa fokus mengikuti upgrading ini dan upload data peserta bisa sukses di gugus depan masing-masing,” lanjut Hamdani yang juga sebagai narasumber pertama.

Sementara itu, narasumber kedua, Eka Hery  Susanto menyampaikan bahwa mulai tahun  2017  Sipa pramuka sudah  dibentuk dan di launching pada Rapat Kerja Daerah (RKD) Jawa Timur pada tahun  2018.

“Bagaimanapun sistem dibangun dengan baik, maka tetap dibutuhkan administrator yang cakap dan jujur, karena kebenaran data yang diberikan  bergantung pada administrator, khususnya admin tingkat gugus depan,” kata Hery.

Hery juga meminta kepada seluruh administrator gugus depan peserta upgrading dan sosialisasi SIPA  ini saling menguatkan satu sama lain.

“Bekerja secara profesional sebagai bentuk mengabdikan diri pada Gerakan Pramuka,” pinta Hery.

Masalah data, ujar Hery adalah masalah yang selama ini sulit untuk dipecahkan.

“Memang terkait masalah data ini sulit, akan tetapi dengan adanya SIPA, telah memberi titik terang tentang akurasi dan update data yang tepat dan tersaji secara transparan,” ujar Hery.

Pada sosialisasi SIPA kali ini, lanjut Hery disampaikan beberapa fitur baru dan mengulas berbagai fitur yang sudah ada untuk para administrator gugus depan.

“Perbaikan demi perbaikan terus diupayakan. Semoga sistem ini mampu menggerakkan seluruh komponen kepramukaan untuk semakin maju dan meminta peserta yang hadir menjadi penggerak suksesnya pendataan SIPA di Kwarran Giligenting,” pungkas Hery.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment