Khasiat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan


FALIHMEDIA.COM – Buah mengkudu banyak ditemui di Indonesia terutama di Madura. Di madura buah mengkudu jarang dimanfaatkan dengan baik atau lebih tepannya kurang paham caramemanfaatkan buah mengkudu. Sedangkan di australia, India dan Asia Tenggara, Mengkudu di konsumsi sebagai obat herbal dan suplemen.

Di dalam buah mengkudu, terkandung beragam nutrisi berikut ini: Karbohidrat, Protein, Gula, Vitamin C, Vitamin E, Biotin, Folat, Magnesium, Kalium, Kalsium Buah mengkudu juga kaya akan antioksidan, seperti flavonoid dan saponin, serta berbagai zat yang bersifat antiradang dan antibakteri.

Mencegah dan memperbaiki kerusakan sel tubuh
Jika terlalu banyak terpapar radikal bebas, sel-sel tubuh akan cepat rusak dan hal ini bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Buah mengkudu diketahui dapat mengurangi kadar radikal bebas dan memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh akibat paparan zat tersebut.

Menjaga kadar kolesterol dalam darah
Buah mengkudu dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, sehingga baik untuk mencegah penumpukan kolesterol di pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan penyakit jantung.

Mengurangi nyeri sendi
Ekstrak buah ini juga diketahui berkhasiat untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan pada sendi, misalnya pada penderita osteoarthritis.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Buah mengkudu yang juga tidak kalah penting adalah untuk memperkuat daya tahan atau sistem imunitas tubuh. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, tubuh bisa lebih kuat melawan bakteri dan virus penyebab penyakit.

Menurunkan kadar gula darah
Buah mengkudu dapat menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil. Efek ini diduga berkat kemampuannya dalam meningkatkan efektivitas hormon insulin dalam mengatur kadar gula darah.

Menjaga berat badan tetap ideal
Buah mengkudu bermanfaat dalam menjaga berat badan dan mencegah obesitas. Efek ini diduga berkat kemampuan buah mengkudu dalam mengurangi kolesterol dan lemak, serta meningkatkan metabolisme.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment