Keutamaan Bersedekah dengan Air Minum

SosBud72 Views

FalihMedia – Hampir semua makhluk hidup di bumi ini membutuhkan air. Karena keberadaannya sangat penting dalam kehidupan. Namun, masih ada daerah yang akses air bersihnya terbatas karena berbagai alasan.

Oleh karena itu, sebagai orang yang baik, Anda harus membantu mereka yang memiliki keterbatasan tersebut. Meski kelihatannya sederhana, tapi tahukah Anda bahwa sedekah air minum itu banyak sekali keagungannya.

Sedekah air bermanfaat tidak hanya bagi yang menerimanya, tetapi juga bagi yang memberi. Ini adalah salah satu amalan yang diajarkan Rasulullah SAW.

Disebutkan dalam hadits bahwa sedekah dengan air merupakan salah satu cara untuk mendapatkan rahmat dari Allah SWT dan mendapatkan surga.

Sebagaimana hadis Nabi Muhammad SAW;

Artinya: Saad bin Ubadah ra bertanya kepada Rasulullah, amal mana yang paling besar?, Nabi, menjawab, Sedekah dalam bentuk air minum (HR. An-Nasa’i No. 3666, dihasankan oleh Syekh Al-Albani dalam Kitab Sahih An-Nasa’i).

Demikian pula kisah pezina yang memberi air kepada anjing yang kehausan digunakan oleh para ulama sebagai sedekah. Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda:

Artinya: Wanita yang berzina diampuni oleh Allah. Seekor anjing lewat dengan menjulurkan lidahnya dari sisi parit. Anjing ini hampir mati kehausan. Pelacur melepas sepatunya, dengan penutup kepalanya. Kemudian dia menimba air untuk anjing itu. Karena perbuatan ini, dia akan mendapat rahmat dari Allah (HR. al-Bukhari no. 3321, Muslim 2245).

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment