Fitur Terbaru di Android 14, Find My Device Bisa Lacak Ponsel Hilang dalam Keadaan Mati

Teknologi103 Views

FALIHMEDIA.COM – Fitur Find My Device telah menjadi andalan bagi pengguna HP Android untuk melacak perangkat yang hilang. Namun, keterbatasan fitur ini terletak pada kemampuannya hanya melacak perangkat yang masih dalam keadaan aktif saja. Tidak lama lagi, Android 14 akan hadir dengan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk melacak perangkat yang hilang meskipun dalam keadaan mati.

Teknologi baru yang disebut “Pixel Power-off Finder” ini, didasarkan pada teknologi nirkabel UWB yang memungkinkan transfer data dalam jarak jauh serta mendeteksi posisi perangkat secara akurat. Menurut pembocor gadget bernama Kuba Wojciechowski, Google akan memanfaatkan teknologi ini dan alat pencari lokasi seperti yang digunakan pada AirTag Apple.

Hardware Abstraction Layer (lapisan abstraksi perangkat keras) baru bernama “hardware.google.bluetooth. power_off_finder” ditemukan di kode sumber Android 14. Berdasarkan baris kode itu, diketahui bahwa hardware Bluetooth di dalam ponsel akan tetap aktif bahkan ketika ponsel dalam keadaan mati. Teknologi ini kemudian digabungkan dengan teknologi UWB untuk mendeteksi lokasi pengguna dengan akurasi yang tinggi, baik dalam kondisi aktif maupun tidak aktif.

Meski belum ada konfirmasi dari Google, peluncuran fitur pelacakan ini diprediksi akan diumumkan dalam konferensi Google I/O pada 10 Mei mendatang. Fitur ini juga diprediksi hanya akan tersedia pada perangkat Android terbaru seperti Google Pixel 8.

Google juga sedang menyiapkan pesaing bagi AirTag Apple dan Samsung SmartTag dengan produk baru bernama “Grogu“. Alat pelacak ini dilengkapi dengan speaker dan teknologi radio Ultra Wideband yang menawarkan presisi yang jauh lebih tinggi daripada Bluetooth. Speaker pada alat pencari ini mampu mengeluarkan suara yang membantu pengguna untuk melacak perangkat yang hilang.

Dengan teknologi UWB, pengguna bisa menggunakan antarmuka seperti kompas atau peta pada ponsel yang membantu pelacakan ponsel. Google berencana untuk meluncurkan alat ini pada musim gugur ini dalam sejumlah pilihan warna.

Dengan hadirnya fitur terbaru ini, pengguna Android dapat lebih tenang ketika perangkat mereka hilang karena mereka dapat melacaknya bahkan ketika dalam keadaan mati. Selain itu, Google juga menyediakan alternatif bagi pengguna yang ingin mencari pesaing AirTag Apple dan Samsung SmartTag dengan produk baru bernama “Grogu“. Semoga dengan hadirnya fitur ini, pengalaman pengguna Android dalam melacak perangkat yang hilang semakin mudah dan efektif.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment