Dalam Rangka Bulan Pustaka, SDT2Q Datangkan Mobil Pusling


FALIHMEDIA.COM | SUMENEP – Mobil Perpustakaan Keliling (Pusling) salah satu fasilitas yang dimiliki Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumenep, ternyata banyak diminati sekolah-sekolah, kali ini hadir di Sekolah Dasar Tahsin dan Tahfidz Quran ( SDT2Q ) Insan Permata Surya.

Dalam rangka Bulan Pustaka pihaknya menghadirkan Pusling ke sekolahnya untuk mendekatkan buku bacaan ke semua peserta didiknya dengan mengangkat tema “Literasi Sangatlah Penting Untuk Siswa”.

Pustakawan Ahli Muda Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumenep, Drs. Syaiful Bahri, mengungkapkan, seperti biasa setiap kunjungan ke sekolah-sekolah, siswa dipersilahkan memilih buku sesuai bakat dan minatnya.

“Namun, kali ini ada yang berbeda, karena sekolah menyediakan reward bagi siswa dengan berbagai lomba,” katanya.

Beberapa lomba itu di antaranya, yakni lomba mendongeng di atas panggung setelah membaca buku, bedah buku Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dilanjutkan tanya jawab dipandu oleh Ustadz dan Ustadzah.

“Seperti biasa kegiatan Pusling tersebut juga dirangkai dengan berbagai kegiatan tambahan. Dan kali ini dilakukan pengenalan gerakan dasar bela diri pencak silat dan ternyata mendapat antusias para siswa,” tambahnya.

Sementara Kepala Sekolah SDT2Q Insan Permata Mulia, Subriyatin Nikmah, M. Pd.I, menjelaskan, sekolahnya melaksanakan Bulan Pustaka dengan tujuan siswa gemar membaca dan menghidupkan minat literasi di era serba digital, dengan mengundang mobil Pusling agar minat baca siswa tumbuh dengan berbagai macam buku yang ada.

“Selain membaca buku, siswa juga diajak untuk mampu tampil dan menyampaikan hasil yang dibacanya,” ujarnya, Rabu (21/06/2023).

Diakui, dengan adanya perpustakaan keliling dari perpustakaan daerah ini, mampu menampilkan suasana baru bagi siswa. Sehingga mereka memiliki antusiasme tinggi untuk membaca dari yang sebelumnya hanya buku pembelajaran menjadi buku bacaan, baik itu buku cerita, memasak dan pengetahuan lainnya.

Selain itu, juga ada pembelajaran Bahasa Inggris dan Bahasa Arab dengan santai dan mudah diterima oleh siswa, tentunya sesuai dengan tujuan dari Bulan Pustaka ini, agar siswa membentuk keperibadian yang cinta dengan Buku. Selain bisa mengasah kecerdasan dan keberanian anak dengan cara menyampaikan yang telah dibaca dan mau menjawab pertanyaan dari guru.

“Terima kasih kepada pihak Perpustakaan Daerah sehingga acara ini sukses dan siswa tertarik untuk sering membaca,” tambahnya. (Ren, Fer/Red/Falih Media)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment