Cara Hindari Kertas Menguning Dalam Buku


FALIHMEDIA.COM – Bagi yang hobi membaca dan memiliki banyak buku di rumah, merawat buku agar tetap awet adalah hal yang harus diperhatikan. Kertas pada buku dapat berubah menjadi kuning karena mengalami oksidasi.

Merawat buku memang bukan hal yang mudah, sehingga butuh ketelatenan untuk menjaga kebersihan buku agar warna kertasnya tidak menguning.

Berikut cara hindari kertas menguning dalam buku:

Gunakan Sampul Buku
Saat membeli buku baru, akan lebih baik jika langsung memberi sampul pada cover buku. Pilihlah plastik bening yang tidak terlalu tipis namun juga tidak terlalu tebal.

Hal tersebut guna untuk melindungi buku dari debu, serta cover tidak akan mudah mengelupas saat disimpan.

Perlu diperhatikan juga dalam cara pemberian sampul agar tidak terlalu ketat supaya cover buku tidak ikut terlipat saat buku dibuka.

Perhatikan Tempat Penyimpanan Buku
Menyimpan buku pada tempat terbuka akan membuat sirkulasi dan suhu udara tetap stabil. Menyimpan buku di ruangan yang memiliki ventilasi yang cukup dan tidak bersentuhan langsung dengan lantai adalah hal yang perlu dilakukan.

Namun, paparan sinar matahari tidak hanya dapat membuat buku terhindar dari lembap dan jamur, juga dapat menyebabkan lembaran kertas pada buku menjadi terlalu kering dan menyebabkan warna kertas menguning.

Bersihkan Secara Rutin
Menyimpan buku terlalu lama bisa menyebabkan debu menempel pada buku. Dengan membersihkan rak buku secara rutin, akan menjaga kualitas kertas pada buku tidak cepat menguning.

Mengeluarkan buku secara teratur dari rak akan membuat buku terkena udara bebas sehingga tidak saling menempel dengan buku lainnya.

Menambahkan kamper atau kapur barus juga dapat dilakukan untuk menjaga kualitas buku tetap terjaga.


*Penulis : Fajar Abrori

Redaksi FalihMedia menerima tulisan opini, artikel dan tulisan lainnya yang sifatnya memberi sumbangan pemikiran untuk kemajuan negeri ini. Dan semua isi tulisan di luar tanggung jawab Redaksi FalihMedia”.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment