5 Hal Yang Hanya Dipahami Orang Dengan Kecemasan Berfungsi Tinggi

Gaya Hidup120 Views

FALIHMEDIA.COM – Kecemasan terkenal karena bermanifestasi dalam cara yang lebih jelas – pikirkan serangan panik, perubahan suasana hati, dan perenungan berlebihan – tetapi juga dapat meresap di bawah permukaan. Anda mungkin merasa tertekan namun Anda terus beroperasi dalam kehidupan sehari-hari, artinya tidak ada orang di sekitar Anda yang benar-benar tahu apa yang terjadi dengan Anda secara internal.

Bentuk kecemasan khusus ini sering disebut sebagai kecemasan yang berfungsi tinggi. Ini bukan diagnosis klinis, melainkan istilah umum untuk menggambarkan pengalaman seseorang yang hidup dengan kecemasan yang cukup besar, tetapi tanpa batasan “fungsi” yang diperlukan untuk memenuhi kriteria gangguan kecemasan, menurut lisensi yang berbasis di Washington. psikolog klinis Alicia Clark , penulis “Hack Your Anxiety”.

Salah satu cara untuk memahami kecemasan yang berfungsi tinggi adalah sebagai mekanisme untuk melindungi diri Anda dari hasil yang tidak diinginkan:

“Jika seseorang mampu secara psikologis mempersiapkan semua kemungkinan hasil negatif, maka mereka mungkin percaya bahwa mereka dapat menghindari perasaan seperti kekecewaan atau kegagalan,” kata Carly Claney.

Seorang psikolog klinis berlisensi yang berbasis di Seattle. Jadi, Anda tidak hanya dihargai dengan menghindari hasil negatif, tetapi pencapaian hasil yang sukses, dan biasanya pada saat yang bersamaan.

Jika deskripsi ini mulai terdengar seperti otobiografi Anda, Anda pasti tidak sendiri. (Dan Anda dapat mengelola dan mengobatinya.) Di bawah ini hanyalah beberapa kebenaran lain tentang bagaimana rasanya hidup dengan kecemasan yang berfungsi tinggi, menurut para ahli:

Anda unggul dalam karier Anda, tetapi berjuang dalam kehidupan pribadi Anda

Masalah umum yang dapat terjadi ketika Anda memiliki kecemasan yang berfungsi tinggi adalah kecenderungan untuk menerapkan pola perilaku yang sama yang membantu Anda unggul dalam karier ke kehidupan pribadi Anda, kata Simon Rego , kepala psikolog di Montefiore Medical Center dan profesor psikiatri. dan ilmu perilaku di Albert Einstein College of Medicine di New York.

Namun, orang-orang dalam kehidupan pribadi Anda bukanlah kolega atau bawahan Anda dan hal-hal di luar pekerjaan Anda jarang berjalan dengan cara yang sama seperti di dalam bilik Anda. Kehidupan pribadi berantakan dan tidak terkendali, dan menentukan kesuksesan di bidang kehidupan Anda ini tidak sejelas dan terukur seperti tujuan karier biasanya, tambah Claney. Ini bisa sangat sulit untuk diatasi, sampai pada titik di mana Anda jarang merasa seperti Anda berada di luar kantor.

Sepertinya ambisi yang mendorong Anda, tetapi sebenarnya kecemasan Anda

Di permukaan, kebiasaan, seperti bekerja berjam-jam dan langsung membalas email, bisa dianggap sebagai ambisi. Pada kenyataannya, sebenarnya kecemasan Anda yang menentukan. Apa yang mendorong Anda bukanlah keinginan yang kuat untuk sukses, melainkan rasa takut untuk tidak berhasil. Takut akan hasil yang tidak diinginkan, seperti kehilangan pijakan, merusak reputasi Anda, atau langsung gagal dalam pekerjaan Anda, dapat menjadi pendorong yang signifikan dari perilaku ini, kata Claney.

Anda sepertinya memiliki semuanya, tetapi melewati hari seringkali sulit

“Memahami bahwa cara utama mengelola kecemasan adalah dengan mengambil kendali, orang dengan kecemasan yang berfungsi tinggi cenderung menjadi perencana dan pembuat daftar,” kata Clark. “Dengan tetap berada di atas segalanya, mereka dapat menjaga kecemasan mereka, yang membantu mereka menjalani hidup mereka secara optimal”.

Tetapi karena Anda terus-menerus mengharapkan diri Anda bekerja ekstra di setiap bidang kehidupan Anda, daftar dan jadwal ini bisa lebih melelahkan daripada yang masuk akal, tambah Clark. Saat kecemasan Anda meningkat dan kelelahan mulai muncul, Anda mungkin mendapati diri Anda memprioritaskan waktu Anda dalam bentuk penghindaran atau perilaku tidak stabil, yang dapat semakin memperburuk kecemasan Anda.

Rutinitas Anda yang terganggu membuat Anda merasa kesal

Ketika langkah Anda untuk mengatasi kecemasan Anda sedang direncanakan sebelumnya (memiliki rutinitas membantu menciptakan kepastian dalam hidup Anda, kata Rego), kekuatan luar yang menggagalkan rencana Anda bisa mengecewakan.

“Menanggapi dengan perasaan kesal mungkin merupakan emosi sekunder dari rasa takut dalam situasi ini,” kata Claney.

Karena terganggu juga berarti tidak siap, rasa takut kehilangan kendali dapat menyebabkan lebih banyak kecemasan.

Pikiran Anda tidak pernah berhenti, bahkan saat Anda kelelahan

“Orang-orang dengan tingkat kecemasan yang tinggi mungkin secara konseptual menyadari perlunya keseimbangan dan istirahat untuk tetap menggunakan kecemasan mereka secara efektif, tetapi berhenti untuk bersantai atau mengabaikan tidak selalu mudah,” kata Clark.

Misalnya, malam hari biasanya diisi dengan tugas, atau rasa bersalah karena tidak menyelesaikan tugas jika ada istirahat. Dan saat Anda mencoba istirahat, biasanya dalam bentuk tugas atau hobi yang (sedikit) tidak terlalu melelahkan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

Ikuti Falih Media di Google News

Comment